.:: Jasa Membuat Aplikasi Website,Desktop,Android Order Now..!! | | Order Now..!! Jasa Membuat Project Arduino,Robotic,Print 3D ::.

Tutorial ARToolkit Part 1: Installing and Testing ARToolkit

0 komentar


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
bismillaahirrahmaanirrahiim

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Assalamualaikum Wr.Wb

Dikarenakan Ebook AR saya di tuduh pembajakan oleh mediafire, padahal saya sendiri yang membuat ebook AR itu. tapi mungkin, mediafire memang sangat keteraluan dalam memerangi pembajakan hak intelktualitas, tanpa kontrol dan pemberitahuan yang akhirnya berdampak ke orang yang salah. Untuk itu, saya menulis ulang tutorial Augmented Reality dengan ARToolkit, karena banyak teman-teman yang lain meminta.

1. Persiapan
Untuk membangun Augmented Reality dengan ARToolkit caranya sangat mudah, dibandingkan dengan library AR lainnya. yang kita perlukan hanyalah ARToolkit Library, Visual C++, Adobe Photoshop, dan 3DSMax atau Blender 2.47.

Khusus untuk ARToolkit anda bisa mendapatkannya DISINI

Setelah didownload, Ekstrak ARToolkit di Drive Komputer anda yang masih kosong. minimal anda harus mempunyai space 1Gb. Lha Kok??, ARToolkitnya aja cuma 60Mb?? Itu dikarenakan terkadang kita suatu saat bisa saja menggunakan banyak objek 3D yang mempunyai size yang sangat besar, jadi untuk jaga-jaga persiapkan space harddisk anda dengan baik.

Untuk Visual C++, Adobe Photoshop, dan 3DSMax dan Blender 2.47, anda bisa mendapatkannya di situs resmi masing-masing. anda bisa membeli lisensi produk mereka, atau menggunakan free license untuk mahasiswa, silahkan anda searching sendiri bagaimana mendapatkannya.

Persiapan selanjutnya adalah kita menyiapkan hardware pendukung ARToolkit. untuk PC, tidak memerlukan spesifikasi yang tinggi, Processor setara atau lebih dari Intel Pentium 4 3.0Ghz, dengan Ram Minimal 1Gb, VGA Minimal AGP 128Mb, Printer dan Webcam Minimal 3 - 5 Mbps.

2. Installing dan Testing
Setelah persiapan selesai, langkah selanjutnya adalah kita mencetak marker atau penanda AR. penjelasan lebih lanjut tentang marker, nanti akan dijelaskan di Tutorial ARToolkit Part 2: Membuat Marker. Untuk mencoba marker ARToolkit, anda bisa mencetaknya dari folder //ARToolkit/Patterns/

Silahkan buka file pattHiro.pdf dan pattKanji.pdf dengan Adobe Reader atau PDF reader lainnya. kemudian, print kedua marker tersebut. Ingat, jangan rubah ukuran markernya, dan jangan juga save image gambar marker dibawah ini. gambar dibawah hanyalah sample, biar kalian tidak bingung.

 










Jika sudah di Print, Selanjutnya aktifkan web cam kalian, lalu buka folder ://ARToolkit/Bin/ .. kemudian coba double klik simpletest.exe, apakah hasilnya??.. jika anda baru mendownload ARToolkit, maka akan keluar warning seperti ini:

 











Kok Bisa gitu??.. Jelas dong, ARToolKit-2.7.1-bin-book tidak disertai dengan library C++ yang dibutuhkan untuk menjalankan AR. jadi gimana dong?.. tenang sudah saya siapkan library-nya, silahkan anda download disini, kemudian copy-paste ke folder ://ARToolkit/Bin/

Sekarang, Persiapan sudah selesai tinggal kita testing AR dengan ARToolkit. silahkan kembali ke ://ARToolkit/Bin/ dan jalankan simpletest.exe, lalu arahkan marker Hiro ke kamera anda, apa yang terjadi. selamat mencoba:

 








List Tutorial:

Update Contact :
No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email : Fajarudinsidik@gmail.com
NB :: Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code, membeli hardware elektronika untuk kepentingan Perusahaan maupun Tugas Akhir (TA/SKRIPSI), Insyaallah Saya siap membantu, untuk Respon Cepat dapat menghubungi kami, melalui :

No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email: Fajarudinsidik@gmail.com


atau Kirimkan Private messanger melalui email dengan klik tombol order dibawah ini :

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين
Alhamdulilah hirobil alamin

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Artikel Tutorial ARToolkit Part 1: Installing and Testing ARToolkit, Diterbitkan oleh scodeaplikasi pada Kamis, 27 Mei 2010. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Website ini dipost dari beberapa sumber, bisa cek disini sumber, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, karena segala yang dipost di public adalah milik public. Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code ,Dengan Cara menghubungi saya Ke Email: Fajarudinsidik@gmail.com, atau No Hp/WA : (fajar) : 085369237896, (puat) : 085267792168.

Tawk.to