.:: Jasa Membuat Aplikasi Website,Desktop,Android Order Now..!! | | Order Now..!! Jasa Membuat Project Arduino,Robotic,Print 3D ::.

Tutorial ARToolkit Part 4: Manipulasi Marker

0 komentar


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
bismillaahirrahmaanirrahiim

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Assalamualaikum..

Apa kabar semua?.. sudah lama saya tidak posting di blog ini, dikeranakan sibuk mengajar di kampus. Ok ditutorial kali ini kita akan membuat manipulasi marker dengan photoshop. beberapa minggu yang lalu banyak bertanya kepada saya, agar marker itu tidak kelihatan seperti marker alias tidak terlihat lagi seperti marker. seperti yang dicontohkan gambar dibawah ini:

















Sebenarnya tehnik manipulasi marker ini, saya pakai saat skripsi AR brosur saya. karena pembimbing saya menuntut agar marker tidak terlihat lagi didalam brosur. pertamanya, saya agak sedikit bingung bagaimana membuatnya, akhirnya saya menemukan gambar dibawah di Google:


























Digambar tersebut, saya melihat Jendela didinding tersebut berbentuk square atau kotak dan berwarna hitam. akhirnya saya berfikir untuk mengedit gambar tersebut di photoshop. agar bisa dijadikan marker, dan akhirnya saya berhasil membuat manipulasi marker. bagaimana tahapannya, ikuti langkah dibawah:

1. Save, Gambar Mobil dan Jendela diatas, lalu buka di Photoshop. (Saya Gunakan Ps Cs5)
2. Selanjutnya Buka Menu Filter > Filter Gallery
















3. Lalu buka Menu Artistic dan Pilih Dry Bush, lalu atur Parameternya seperti gambar dibawah:










4. Jika Berhasil Akan Terlihat Seperti Ini:

















5. Selesai. Sekarang Coba Kamu Gunakan Mk_Patt.exe untuk membuat Gambar Tersebut Jadi Marker. Pasti bakal terbaca jadi Marker, dan bisa digunakan di simplevrml.exe

Nb: Maaf Saya Kehabisan Tinta Print, Demonya Menyusul Yah.. hehehe.


Selamat Mencoba
A.R.T




List Tutorial
  1. Tutorial ARToolkit Part 1: Installing and Testing ARToolkit
  2. Tutorial ARToolkit Part 2: Membuat Marker
  3. Tutorial ARToolkit Part 3: Multi Marker 
  4. Tutorial ARToolkit Part 4: Manipulasi Marker
  5. Tutorial ARToolkit Part 5: Texturing Objek
  6. Tutorial ARToolkit Part 6: Texturing Multi-Sub Objek
  7. Tutorial ARToolkit Part 7: Membuat Augmented Reality Sound dengan ARToolkit
  8. Tutorial ARToolkit Part 8: Exporting WRL Dengan Blender

Update Contact :
No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email : Fajarudinsidik@gmail.com
NB :: Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code, membeli hardware elektronika untuk kepentingan Perusahaan maupun Tugas Akhir (TA/SKRIPSI), Insyaallah Saya siap membantu, untuk Respon Cepat dapat menghubungi kami, melalui :

No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email: Fajarudinsidik@gmail.com


atau Kirimkan Private messanger melalui email dengan klik tombol order dibawah ini :

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين
Alhamdulilah hirobil alamin

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Artikel Tutorial ARToolkit Part 4: Manipulasi Marker, Diterbitkan oleh scodeaplikasi pada Sabtu, 11 Juni 2011. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Website ini dipost dari beberapa sumber, bisa cek disini sumber, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, karena segala yang dipost di public adalah milik public. Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code ,Dengan Cara menghubungi saya Ke Email: Fajarudinsidik@gmail.com, atau No Hp/WA : (fajar) : 085369237896, (puat) : 085267792168.

Tawk.to