.:: Jasa Membuat Aplikasi Website,Desktop,Android Order Now..!! | | Order Now..!! Jasa Membuat Project Arduino,Robotic,Print 3D ::.

Cara menginstall wordpress secara offline

0 komentar


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
bismillaahirrahmaanirrahiim

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Untuk membuat blog atau website menggunakan CMS wordpress yang di kelola secara offline di computer anda sebelum di upload di internet untuk di akses oleh orang banyak, maka anda harus menginstal aplikasi server local yang di kenal dengan XAMPP. Aplikasi XAMPP merupakan aplikasi yang akan mengatur file-file website anda yang akan di tampilkan pada sebuah aplikasi browser yang anda gunakan. Untuk cara penginstalan XAMPP penulis tidak cantumkan dalam turotial ini.

Pada tutorial ini penulis akan membahas tentang cara penginstalan CMS Wordpress. Untuk melakukan menginstal aplikasi wordpress silahkan anda download dulu aplikasi wordrpress di https://wordpress.org/download . Setelah anda buka situs tersebut maka di samping kanan anda klik tombol Download Wordpress 4.0 dan tunggu sampai proses downloadnya selesai.

Selanjutnya anda buka file wordpress yang sudah anda download tadi yang terbungkus dalam file zip. Kemudian copy file tersebut kedalam drive C tepatnya di folder xampp kemudian faste di dalam folder htdocs. Setelah anda faste selanjutnya anda klik kanan pada file wordpress lalu pilih menu Extract Here.


Setelah anda extract filenya kedalam folder wordpress, maka langkah selanjutnya anda buka aplikasi google chrome atau Mozilla firefox atau search engine yang ada di laptop anda. Namun sebelum anda melakukan penginstalan aplikasi wordpress maka terlebih dahulu anda jalankan aplikasi XAMPP anda dengan cara mengklik icon XAMPP yang ada di dekstop anda lalu klik tombol start pada Apache dan MySql.


Setelah anda menjalankan aplikasi XAMPP maka di address bar browser anda ketik localhost/wordpress lalu tekan enter. Nama localhost yaitu nama server local anda, sedangkan nama wordress di ambil dari nama folder wordpress anda yang ada di folder htdocs. Selanjutnya setelah anda tekan enter maka anda akan melihat tampilan seperti pada gambar di bawah ini :


Pada gambar tersebut di atas anda pilih opsi Bahasa Indonesia untuk melakukan penginstalan menggunakan bahasa Indonesia dan selanjutnya anda klik tombol Lanjutkan sehingga muncul tampilan seperti gambar di bawah ini dan selanjutnya anda klik tombol Let�s go !.


Setelah anda klik tombol Let�s go ! maka akan anda jumpai tampilan yang meminta anda untuk memasukkan nama database, user name, database host, dan password. Akan tetapi, sebelum anda mengisi form tersebut terlebih dahulu anda membuat sebuah nama database yang nantinya akan di gunakan untuk menyimpan file website yang anda akan install.Untuk membuat nama database maka langkah yang harus anda lakukan adalah membuka tab baru pada browser anda dan selanjutnya anda ketik localhost lalu tekan tombol enter.

Setelah anda tekan enter maka anda akan di arahkan ke halaman xampp dan biasanya ketika anda baru pertama membuka halaman xampp maka muncul pilihan bahasa dan anda klik English, selanjutnya anda akan menjumpai halaman admin xampp yang menampilkan beberapa menu. Akan tetapi, untuk mengarah ke halaman pembuatan nama database maka anda klik menu phpMyAdmin. Setelah anda klik menu tersebut maka anda akan menjumpai halaman seperti gambar di bawah ini.


Langkah selanjutnya anda ketikkan nama database yang akan anda buat di kotak teks di bawah keterangan Create new database. Misalkan nama databasenya adalah webpribadiku dan setelah anda menuliskan nama database anda maka selanjutnya anda klik tombol Create.

Selanjutnya anda buka kembali halaman penginstalan wordpress anda yang meminta untuk mengisikan nama database website anda serta lain-lainnya. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :


Langkah pengisian form penginstalan wordpress seperti pada gambar di atas yang harus anda lakukan adalah Database Name anda masukkan nama database yang anda sudah buat sebelumnya seperti yang penulis contohkan adalah nama databesenya yaitu webpribadiku, lalu username anda tuliskan root seperti pada gambar di atas, untuk password di kosongkan dan tidak perlu di isi, selanjutnya untuk Database Host anda ketik localhost seperti pada gambar tersebut di atas, dan Table Prefix anda ketikkan juga seperti pada gambar di atas dan selanjutnya anda klik tombol Submit, maka selanjutnya akan muncul seperti pada tampilan gambar di bawah ini :


Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan mengklik tombol Run the install untuk melakukan penginstalan aplikasi wordpress, namun sebelumnya anda harus mengisi dulu form untuk menentukan judul website atau blog, username dan password untuk masuk pada halaman admin anda yang di gunakan untuk melakukan pengaturan lebih lanjut pada halaman website atau blog yang anda kelola. Untuk lebih jelasnya anda perhatikan pada gambar di bawah ini :


Untuk pengisian form tentang judul website anda bisa tentukan sendiri sesuai dengan judul web atau blog yang anda inginkan, untuk username, password dan email anda juga bisa tentukan sendiri sesuai dengan keinginan anda. Untuk username dan password silahkan anda catat agar supaya anda tidak lupa di kemudian hari.

Setelah anda mengisi semuanya kurang lebih seperti pada gambar di atas maka selanjutnya anda klik tombol Install WordPress untuk melanjutkan penginstalan dan setelah selesai melakukan penginstalan maka anda akan menjumpai halaman seperti gambar di bawah ini :


Seperti pada gambar tersebut di atas untuk masuk pada halaman admin anda klik tombol Log in dan selanjutnya akan anda jumpai halaman login , selanjutnya anda masukkan username dan password yang anda masukkan sebelumnya atau yang anda catat dan selanjutnya anda klik tombol Log in.

Itulah langkah-langkah menginstal wordpress di laptop secara offline dan mudah-mudahan tutorial ini dapat bermanfaat buat teman-teman semua.





























Update Contact :
No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email : Fajarudinsidik@gmail.com
NB :: Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code, membeli hardware elektronika untuk kepentingan Perusahaan maupun Tugas Akhir (TA/SKRIPSI), Insyaallah Saya siap membantu, untuk Respon Cepat dapat menghubungi kami, melalui :

No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email: Fajarudinsidik@gmail.com


atau Kirimkan Private messanger melalui email dengan klik tombol order dibawah ini :

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين
Alhamdulilah hirobil alamin

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Artikel Cara menginstall wordpress secara offline, Diterbitkan oleh scodeaplikasi pada Selasa, 09 Desember 2014. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Website ini dipost dari beberapa sumber, bisa cek disini sumber, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, karena segala yang dipost di public adalah milik public. Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code ,Dengan Cara menghubungi saya Ke Email: Fajarudinsidik@gmail.com, atau No Hp/WA : (fajar) : 085369237896, (puat) : 085267792168.

Tawk.to