.:: Jasa Membuat Aplikasi Website,Desktop,Android Order Now..!! | | Order Now..!! Jasa Membuat Project Arduino,Robotic,Print 3D ::.

Tutorial Membuat Interface ARToolkit dengan Visual Basic 6.0 - Part 1

0 komentar


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
bismillaahirrahmaanirrahiim

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Assalamualaikum Wr.Wb

Hello Selamat Datang di A.R.T, kita kembali lagi di Tutorial ARToolkit. kali ini saya mau berbagi ilmu bagaimana membuat Interface Sederhana untuk ARToolkit. seperti yang kita ketahui, ARToolkit tidak mempunyai Interface yang baik, hanyak bentuk program jadi tanpa ada menu interaksi user di programnya.

banyak yang menanyakan hal ini, bagaimana membuat interface untuk ARToolkit??.. well, pada dasarnya kalau kita mau berfikir kreatif, untuk membuat Interface ARToolkit itu mudah dan banyak pemograman visual yang bisa kita gunakan untuk melakukannya, contohnya seperti visual basic, flash, dan delphi.

tapi pada kesempatan kali ini, saya hanya akan memberikan trik membuat interface sederhana dengan Visual Basic 6.0. karena lebih mudah penggunaanya dan mudah dipahami. tapi sebelum dimulai, untuk diketahui tutorial interface ini hanya dasar saja, saya harap setelah mengerti dasar pembuatan interfacenya, anda bisa mengembangkannya menjadi lebih baik.

Notice:
Sebelum Mengikuti Tutorial ini, pastikan anda sudah mengerti dasar-dasar ARToolkit. dan anda juga harus menginstall Visual C++ dan Visual Basic 6.0

Konsep dan Penjelasan Awal:
  • Konsep dari Interface ARToolkit ini adalah menggunakan tiga tombol. satu tombol untuk menampilkan AR Jenis A, dan tombol kedua untuk menampilkan AR jenis B, dan tombol ketiga untuk Exit. kira-kira design kasar program seperti ini:
Gambar 1. AR Design Concept

  • karena kita menggunakan dua AR. maka kita akan memisahkan object_data_vrml menjadi dua bagian.  object_data_vrml_1 untuk me-load AR jenis A, dan object_data_vrml_2 untuk me-load AR jenis B. kenapa harus terpisah?. itu dikarenakan jika kita gabung menjadi satu, maka tombol AR-A akan tetap bisa membaca AR di Tombol B. (*Jika Belum Paham, coba Pelajari lagi konsep ARToolkit)
  • kemudian, bagaimana memisahkan antara object_data_vrml_1 dan  object_data_vrml_2, caraya mudah, kita akan meng-compile ulang simplevrml, dengan merubah source codenya terlebih dahulu, agar dapat membaca object_data_vrml_1 dan object_data_vrml_2

Tutorial 1 - Compiling SimpleVRML.exe:
  • Buka Folder ARToolkit/Examples/SimpleVRML
  • Buka file simpleVRML.vcproj dengan Visual C++ (Saya Menggunakan Versi 2008)
  • Buka Root Folder Source Files lalu buka simpleVRML.c 
Gambar 2. Root Folder Source Files
  • tekan CTRL+F, kemudian ketikkan object_data_vrml, lalu tekan Enter
Gambar 3. menu CTRL+F
  •  rubah tulisan object_data_vrml menjadi object_data_vrml_1
Gambar 4. Rubah Source Code
  • nantinya, program yang kita compile ini akan membaca object_data_vrml_1. selanjutnya, jika sudah selesai kita rubah properties programnya. 
  • sekarang download LIBRARY VISUAL C++ ini, kemudian copy-paste kedalam folder :\\Program Files\Microsoft Visual Studio 9.0\Vc\Lib
Gambar 5. Copy Paste Library
  •  Selanjutnya, sebelum kelupaan. kita rubah juga satu baris source code menjadi , baris source tersebut ada di line paling atas. silahkan perhatikan gambar dibawah, atau di search dengan CTRL+F dan temukan glut.h
Gambar 6. rubah source code
  • selanjutnya kita atur properties program. klik kanan simplevrml.c kemudian klik properties.

Gambar 7. Properties simplevrml.c
  • di layer properties sekarang kita atur path library-nya agar visual c++ dapat membaca library yang kita inputkan sebelumnya (glut.h, glut.dll, dan glut32.lib). caranya, masuk ke menu C/C++ lalu pilih additional include directories, disana ada tombol putih disebalah kanan ujung. klik tombol tersebut lalu arahkan library ke direktori ://Program Files/Microsoft Visual 2008/VC/Lib
Gambar 8. Setting Properties

  •  jika sudah sekarang kita atur juga properties path additional include directories di property simplevrml. klik kanan simpleVRML > klik menu C/C++, kemudian caranya juga sama dengan langkah diatas, tinggal arahkan ke library visual c++ anda.
Gambar 9. Setting Properties simpleVRML
Gambar 10. Setting Path
  •  pengaturan terakhir, kita akn mengatur output dimana program AR kita akan dibuat. masih di layer properties simpleVRML, masuk ke menu linker, kemudian anda akan melihat ada tulisan $(ProjectDir)..\..\bin\$(ProjectName)d.exe .. yang saya beri tanda merah ganti namanya menjadi nama output yang anda inginkan, misal mobil.exe.. kemudian klik Ok.
Gambar 11. Setting Output
  • pengaturan selesai, saatnya kita build menjadi program AR yang baru. tekan F7 untuk melakukan build program, atau anda bisa klik menu build > build solution

Gambar 12. Build Solution
  • Tunggu proses sampai selesai, jika anda berhasil maka akan tampak warning seperti ini:
Gambar 13. Build Sukses
  •  jika sudah di build, maka sekarang tinggal kita debug. anda bisa tekan F5, atau masuk ke menu debug > start debugging, tunggu proses sampai selesai, nantinya jika sudah selesai akan ada program AR kita yang baru, lalu pas kita jalankan maka dia akan menghilang, tenang saja itu bukan masalah, tandanya program kita berhasil. 
Gambar 14. Start Debugging
  • sekarang buka, di folder ARToolkit/Bin, lihat apakah sudah ada hasil output anda. jika mengikuti contoh saya, yaitu mobil.exe maka dia akan keluar mobil.exe
Gambar 15. Mobil.exe
  •  sekarang kita sudah punya programnya, yang belum kita punya adalah object_data_vrml_1, cara membuatnya mudah, tinggal copy-paste yang saja yang lama. silahkan buka folder ARToolkit/Bin/Data, dan copy-paste object_data_vrml menjadi object_data_vrml_1

Gambar 16 Copy-Paste
  • sekarang buka mobil.exe dan perhatikan maka dia akan membaca object_data_vrml_1, seperti gambar dibawah ini:
Gambar 17. Opening Model

  • nah selesai.. selanjutnya karena kita akan menggunakan dua objek, jadi tugas anda membuat objek kedua dengan mengcompile ulang kembali, tapi ingat rubah object_data_vrml_1 di source code simplevrml.c  menjadi object_data_vrml_2 .. biar berbeda membaca modelnya. 

nah sekian dulu tutorial Part 1, tunggu tutorial selanjutnya di Part 2. nanti akan saya update, bagaimana membuat interface-nya dengan Visual Basic 6.0. Selamat Mencoba dan Semoga Berhasil.

List Tutorial:
  1. Membuat Interface ARToolkit Part 1
  2. Membuat Interface ARToolkit Part 2


    Update Contact :
    No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
    No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
    Email : Fajarudinsidik@gmail.com
    NB :: Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code, membeli hardware elektronika untuk kepentingan Perusahaan maupun Tugas Akhir (TA/SKRIPSI), Insyaallah Saya siap membantu, untuk Respon Cepat dapat menghubungi kami, melalui :

    No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
    No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
    Email: Fajarudinsidik@gmail.com


    atau Kirimkan Private messanger melalui email dengan klik tombol order dibawah ini :

    ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين
    Alhamdulilah hirobil alamin

    وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


    Artikel Tutorial Membuat Interface ARToolkit dengan Visual Basic 6.0 - Part 1, Diterbitkan oleh scodeaplikasi pada Selasa, 19 Februari 2013. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Website ini dipost dari beberapa sumber, bisa cek disini sumber, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, karena segala yang dipost di public adalah milik public. Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code ,Dengan Cara menghubungi saya Ke Email: Fajarudinsidik@gmail.com, atau No Hp/WA : (fajar) : 085369237896, (puat) : 085267792168.

    Tawk.to