Assalamu'alaikum Wr.Wb . . .
Akhirnya Bs Ngepost Materi OOP1. . .
di bLog ini tidak membahas ttg sintax dasar Charp, Java dan C++,,soalnya Bisa ente baca d blog2 tmn2 yang laen . . . hehehehehehe
ya sblumnya ane mw jelasin ttg OOP dl,,y Walopun Dpt copy Paste dr Google,,
Pemrograman berorientasi objek (Inggris: object-oriented programming disingkat OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya,
Model data berorientasi objek dikatakan dapat memberi fleksibilitas yang lebih, kemudahan mengubah program, dan digunakan luas dalam teknik piranti lunak skala besar. Lebih jauh lagi, pendukung OOP mengklaim bahwa OOP lebih mudah dipelajari bagi pemula dibanding dengan pendekatan sebelumnya, dan pendekatan OOP lebih mudah dikembangkan dan dirawat.
Dalam OOP kita mengenal Class, Method dan Property . . .
Class adalah kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Sebagai contoh 'class of dog' adalah suatu unit yang terdiri atas definisi-definisi data dan fungsi-fungsi yang menunjuk pada berbagai macam perilaku/turunan dari anjing. Sebuah class adalah dasar dari modularitas dan struktur dalam pemrograman berorientasi object. Sebuah class secara tipikal sebaiknya dapat dikenali oleh seorang non-programmer sekalipun terkait dengan domain permasalahan yang ada, dan kode yang terdapat dalam sebuah class sebaiknya (relatif) bersifat mandiri dan independen (sebagaimana kode tersebut digunakan jika tidak menggunakan OOP). Dengan modularitas, struktur dari sebuah program akan terkait dengan aspek-aspek dalam masalah yang akan diselesaikan melalui program tersebut. Cara seperti ini akan menyederhanakan pemetaan dari masalah ke sebuah program ataupun sebaliknya.
Metode menentukan perilaku objek, yakni apa yang terjadi ketika objek itu dibuat serta
berbagai operasi yang dapat dilakukan objek sepanjang hidupnya.
Metode memiliki 4 (empat) bagian dasar :
1. Nama metode
2. Tipe Objek atau tipe primitive yang dikembalikan metode.
3. Daftar parameter.
4. Badan atau isi metode.
Tiga bagian pertama mengindikasikan informasi penting tentang metode itu sendiri.
Dengan kata lain, nama metode tersebut=metode lain dalam program. Dalam java kita
dapat memiliki metode-metode berbeda yang memiliki nama sama tetapi berbeda tipe
kembalian atau daftar argumennya, sehingga bagian-bagian definisi metode ini menjadi
penting. Ini disebut overloading metode.
porpety adalah setiap variabel yang didefinisikan untuk menyimpan segala informasi terkait class tersebut.
yah dari panjang lebar copy paste dari tentang pengertian class, methode dan property mending langsung aja ane Posting gimana penerapannya dalam Csharp, Java dan C++ . .
"Csharp"
class Program
{
//property
public byte panjang;
public byte lebar;
public static void Main(string[] args)
{
Persegi persegi = new Persegi(); //deklarasi class
persegi.Hitung(); //memanggil method menghitung persegi dari class persegi
Console.WriteLine();
Console.Write("Press any key to continue . . . ");
Console.ReadKey(true);
}
}
class Persegi
{
byte Luas;
public void Hitung()
{
Program pro = new Program(); //deklarasi class program
Console.Write("Masukkan panjang persegi = "); //memanggil property class program
pro.panjang = Convert.ToByte(Console.ReadLine());
Console.Write("Masukkan lebar persegi = ");
pro.lebar = Convert.ToByte(Console.ReadLine());
Luas = Convert.ToByte(pro.panjang*pro.lebar);//menghitung menggunakan property local
Console.WriteLine("Luas persegi adalah = {0}",Luas); //menampilkan hasil
}
}
Ni hasilnya:
"Java"
public class Program
{
//property
public byte panjang;
public byte lebar;
public static void main(String[] args)
{
Persegi persegi = new Persegi(); //deklarasi class
persegi.Hitung(); //memanggil method menghitung persegi dari class persegi
System.out.println();
System.out.println("Press any key to continue . . . ");
}
}
class Persegi
{
int luas;
public void Hitung()
{
Scanner baca = new Scanner(System.in);
Program pro = new Program(); //deklarasi class program
System.out.print("Masukkan panjang persegi = "); //memanggil property class program
pro.panjang = baca.nextByte();
System.out.print("Masukkan lebar persegi = ");
pro.lebar = baca.nextByte();
luas = pro.panjang*pro.lebar; //menghitung menggunakan property local
System.out.print("Luas persegi adalah = "+luas); //menampilkan hasil
}
}
Ni hasilnya :
"C++"
#include <cstdlib>
#include <iostream>
using namespace std;
class Persegi
{
private : int panjang,lebar,luas; //property
public : void Hitung()
{
cout<<"masukkan panjang persegi = ";
cin>>panjang; //input menggunakan property Class Persegi
cout<<"masukkan lebar persegi = ";
cin>>lebar; //input menggunakan property Class Persegi
luas = panjang*lebar;
cout<<"Luas persegi adalah = "<<luas;
}
};
int main(int argc, char *argv[])
{
Persegi persegi; //deklarasi Class Persegi
persegi.Hitung(); //panggil Method Hitung dari Class Persegi
cout<<endl;
cout<<endl;
system("PAUSE");
return EXIT_SUCCESS;
}
Ni hasilnya :
Semoga Postingan yang simple ni bisa bermanfaat buat ente2 yang Baca,,
Amiiiin . . .
Update Contact :
No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email : Fajarudinsidik@gmail.com
No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email: Fajarudinsidik@gmail.com
atau Kirimkan Private messanger melalui email dengan klik tombol order dibawah ini :