.:: Jasa Membuat Aplikasi Website,Desktop,Android Order Now..!! | | Order Now..!! Jasa Membuat Project Arduino,Robotic,Print 3D ::.

Mudahnya Memahami Protokol dan Standar pada Jaringan : part 2 - Apa itu Standar ?

0 komentar


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
bismillaahirrahmaanirrahiim

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Memahami Protokol dan Standar pada Jaringan :

part 2 - Apa itu Standar ?

Suatu standar merupakan definisi sebuah protokol yang telah disepakati. Pada masa awal munculnya jaringan komputer, setiap produsen komputer mengembangkan protokol jaringannya sendiri-sendiri. Alhasil, kalian tidak akan bisa menggabungkan peralatan-peralatan yang berasal dari produsen berbeda dalam satu jaringan.

Kemudian munculah standar untuk menyelamatkan kita dari kejadian seperti diatas. Standar adalah definisi suatu protokol yang digunakan oleh banyak industri lain namun tidak terikat dengan produsen tertentu. Dengan adanya standar, kita semua mengguanakn alat-alat jaringan dari produsen yang berbeda pada satu jaringan. Selama alat yang digunakan mengimplementasi protokol yang standar, alat tersebut dapat saling berkomuniaksi dengan alat-alat yang lain.

Banyak oraganisasi yang terlibat dalam mengatur standar pada jaringan. Namun ada lima organisasi yang terpenting yaitu

  • American National Standard Institute (ANSI) : Organisasi standarisasi resmi yang ada di Amerika Serikat.

  • Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE): Sebuah organisasi internasional yang mengumumkan beberapa standar pada jaringan. Khususnya, standar resmi mengenai sistem jaringan internet (dikenal sebagai IEEE 802.3). IEEE di ucapkan ai-tripel-i (aye-triple-e jika dalam bahasa inggris nya).

  • International Organization for Standarization (ISO) : sebuah federasi yang menaungi lebih dari 100 organisasi pemberi standar di seluruh dunia. Mungkin kaina berpikir mengapa kependekan dari International Organization for Standarization adalah ISO bukan IOS. Hal ini mengikuti dari gramatika bahasa perancis.

  • Internet Enginering Task Force (IETF) : Organisasi yang bertanggung jawab terhadap protokol-protokol yang ada di internet.

  • World Wide Web Consortium (W3C) : merupakan organisasi internasional yang menangani standar dari pengembangan dari World Wide Web (WWW). Selain itu organisasi ini juga memberikan tutorial mengenai pemrograman web seperti PHP, HTML, CSS, dan lain-lain

Dibawah ada  daftar dari lima organisasi diatas dan web site nya.  Berikut :

Organisasi

Web Site

American National Standard Institute (ANSI)

www.ansi.org

Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE)

www.ieee.org

International Organization for Standarization (ISO)

www.iso.org

Internet Enginering Task Force (IETF)

www.ietf.org

World Wide Web Consortium (W3C)

www.w3c.org


Update Contact :
No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email : Fajarudinsidik@gmail.com
NB :: Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code, membeli hardware elektronika untuk kepentingan Perusahaan maupun Tugas Akhir (TA/SKRIPSI), Insyaallah Saya siap membantu, untuk Respon Cepat dapat menghubungi kami, melalui :

No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email: Fajarudinsidik@gmail.com


atau Kirimkan Private messanger melalui email dengan klik tombol order dibawah ini :

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين
Alhamdulilah hirobil alamin

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Artikel Mudahnya Memahami Protokol dan Standar pada Jaringan : part 2 - Apa itu Standar ?, Diterbitkan oleh scodeaplikasi pada Jumat, 13 November 2015. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Website ini dipost dari beberapa sumber, bisa cek disini sumber, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, karena segala yang dipost di public adalah milik public. Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code ,Dengan Cara menghubungi saya Ke Email: Fajarudinsidik@gmail.com, atau No Hp/WA : (fajar) : 085369237896, (puat) : 085267792168.

Tawk.to