.:: Jasa Membuat Aplikasi Website,Desktop,Android Order Now..!! | | Order Now..!! Jasa Membuat Project Arduino,Robotic,Print 3D ::.

Membuat Aplikasi Penjualan (POS) dengan Delphi Part2

0 komentar


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
bismillaahirrahmaanirrahiim

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Setelah sebelumnya membuat rancangan database penjualanya sekarang nanti kita akan mendesain interface aplikasinya dan menu-menu untuk aplikasi penjualan. Bagi yang belum membuat rancangan databasenya silahakan merujuk ke halaman Membuat Aplikasi Penjualan (POS) dengan Delphi Part1, dan agar dapat mengkuti artike ini karena prosesnya ada beberapa tahap sehingga saya bagi beberapa part.

Dalam perancangan menu dan tampilan aplikasi sangat dasarankan kita berpikir sebagai pengguna aplikasi penjualan, sehingga kita mengetahui apa yang dibutuhkan pengguna ketika memakai aplikasi yang telah kita buat dan tidak membingunkan pengguna aplikasi. Membuat desain yang informatif dan nyaman untuk pengguna bisa dilakukan dengan memberikan Hint ( penjelasan kegunaan tombol atau komponen) pada desain yang kita buat.


Pertama kita akan membuat desain Menu Utama pada aplikasi. Desain seperti pada gambar dibawah atau desain sesuai keinginan anda.

Membuat Aplikasi Penjualan Dengan Delphi

Tambahkan komponen TMainmenu kemudian klik 2X. Isi dari tiap menu tersebut adalah dapat dilihat pada gambar dibawah.

1. Menu File
Membuat Aplikasi Penjualan dengan Delphi


2. Menu Master


Membuat Aplikasi Penjualan dengan Delphi

3. Menu Transaksi

Membuat Aplikasi Penjualan dengan Delphi


4. Menu Laporan
Membuat Aplikasi Penjualan (POS) dengan Delphi

5. Menu Bantuan
Membuat Aplikasi Penjualan dengan Delphi

Tambahkan hint pada setiap menu dengan cara pilih menu kemudian atur properties hint. Misal menu backup saya pilih kemudian properties hint saya isi dengan " Lakukan Backup/restrore untuk menjaga keamanan data"

Menu utama sudah dibuat. kemudia tambahkan komponen TToolbar pada form yang nantinya untuk meletakan tolmol tombol shortcut. Dan tambahkan juga TImageList untuk menampung Icon yang nantinya diletakan ditoolbar. Lihat gambar dibawah ini.

Membuat Aplikasi Penjualan dengan delphi


Agar bisa tampilan seperti di atas properties yang harus diatur sebagai berikut:

  1. Komponen TToolbar tambahkan button sebanyak 6 Button dengan cara klik kanan pada komponen kemudian pilih New Button. Atur Propertis Caption dan Hint pada setiap Button sesuai dengan nama-nama tombol diatas. Kemudian pada komponen TToolBar propertis showcaption diubah menjadi True.
  2. Pada komponen TImageList atur propertis height dan width diganti angka 36. Kemudian tambahkan icon pada ImageList dengan klik 2x komponen kemudian masukan icon dengan extensi .bmp. Lalu tekan OK.
  3. Pada komponen TToolbar propertis Image diisi dengan ImageList1.
  4. Kemudian pada atur ImageIndex pada setiap Button yang ada di ToolBar sesuai keinginan.
  5. Atur height Toolbar sesuai dengan tampilan.
  6. Kemudian Simpan dengan nama Umainmenu.Pas
Pembuatan Menu Utama sudah selesai. Apabila nanti dijalankan maka hasil akan seperti dibawah ini.

Membuat Aplikasi Penjualan dengan Delphi


Proses ini masih tahap awal jadi masih ada beberapa proses. Untuk Peroses Selanjutnya nanti Mendesain Form-Form yang dibutuhkan aplikasi. Jadi ikuti terus prosesnya sampai selesai ... :D.

Artikel ini di peruntukan untuk pemula. Untuk para yang sudah master berikan masukan saja. Karena mungkin artikel yang saya buat ini adalah sampah bagi para master. :D.

Download Source Code

Update Contact :
No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email : Fajarudinsidik@gmail.com
NB :: Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code, membeli hardware elektronika untuk kepentingan Perusahaan maupun Tugas Akhir (TA/SKRIPSI), Insyaallah Saya siap membantu, untuk Respon Cepat dapat menghubungi kami, melalui :

No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email: Fajarudinsidik@gmail.com


atau Kirimkan Private messanger melalui email dengan klik tombol order dibawah ini :

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين
Alhamdulilah hirobil alamin

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Artikel Membuat Aplikasi Penjualan (POS) dengan Delphi Part2, Diterbitkan oleh scodeaplikasi pada Senin, 04 November 2013. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Website ini dipost dari beberapa sumber, bisa cek disini sumber, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, karena segala yang dipost di public adalah milik public. Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code ,Dengan Cara menghubungi saya Ke Email: Fajarudinsidik@gmail.com, atau No Hp/WA : (fajar) : 085369237896, (puat) : 085267792168.

Tawk.to