.:: Jasa Membuat Aplikasi Website,Desktop,Android Order Now..!! | | Order Now..!! Jasa Membuat Project Arduino,Robotic,Print 3D ::.

Manfaat Organisasi Bagi Mahasiswa

0 komentar


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
bismillaahirrahmaanirrahiim

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah bagi orang-orang untuk berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi. Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi#Definisi.


Menurut Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.


Banyak persepsi bahwa mengikuti organisasi akan menghambat kuliah yang sudah menjadi pandangan beberapa mahasiswa, Namun perlu di ketahui bahwa mengikuti organisasi kemahasiswaan justru akan membuat mahasiswa lebih aktif dan lebih komunikatif di bandingkan dengan mahasiswa yang tidak mengikuti organisasi, yang menjadi permasalahan mengapa muncul persepsi bahwa mengikuti organisasi akan menghambat perkuliahan adalah Bagaimana mengatur waktu kuliah dengan waktu organisasi ?. Jika seseorang mahasiswa mampu mengatur jadwal antara kuliah dengan kegiatan organisasi maka tidak akan menjadi masalah di karenakan banyak manfaat organisasi bagi mahasiswa antara lain sebagai berikut :


Belajar menjadi pemimpin
Mengikuti organisasi merupakan suatu cara yang memaksa seseorang untuk berlatih menjadi seorang pemimpin di karenakan banyak hal yang harus di kerjakan dan seringkali berinteraksi dengan orang banyak. Disamping itu, mahasiswa yang aktif mengikuti organisasi sering terlatih untuk mengungkapkan ide-ide pemikiran atau argumen kepada anggota yang lainnya atau mengarahkan anggota yang lainnya misalkan dalam sebuah event dan ini akan melatih mahasiswa bagaimana mengatur sehingga apa yang menjadi tujuan bisa tercapai.


Belajar mengelola waktu
Waktu belajar dengan waktu organisasi tentunya harus di kelola dengan baik sehingga antara keduanya bisa terlaksana dengan baik dan tidak merugikan. Oleh karena itu, dengan mengikuti organisasi mahasiswa akan belajar bagaimana mengelola waktu antara belajar dengan mengikuti kegiatan organisasi.


Belajar berkomunikasi dengan orang banyak
Dengan adanya organisasi mahasiswa yang mengikuti organisasi tentunya akan belajar bagaimana berkomunikasi di depan orang banyak, biasanya mahasiswa yang tidak aktif di organisasi akan merasa kaku ketika di berikan kesempatan berdiri di depan orang banyak dan menyampaikan beberapa hal atau melakukan penyuluhan. Dengan mengikuti organisasi maka mahasiswa akan terlatih bagaimana berbicara di depan orang banyak dan akan membuat mahasiswa merasa tidak kaku di karenekan sudah terbiasa berbicara dan menyampaikan argument di dalam sebuah organisasi.


Memperbanyak Teman
Dengan mengikuti organisasi maka mahasiswa akan bertemu dengan beberapa orang. Baik dari teman se angkatan, kaka senior , mahasiswa dari jurusan lain, dll. Mereka semua akan bisa menjadi jaringan yang menjadi factor penting nantinya. Misalkan anda ingin melamar pekerjaan di suatu instansi tertentu maka anda bisa menghubungi senior atau teman anda yang mempunyai jaringan yang bisa menjadi jembatan buat anda sehingga bisa di approve.


Melatih sikap bermasyarakat
Mahasiswa yang mengikuti organisasi kemahasiswaan biasanya lebih aktif di bandingkan yang tidak mengikuti organisasi. Dalam organisasi mereka di latih untuk saling memahami berbagai macam karakter orang, di antara teman-teman yang ada dalam organisasi tersebut baik yang sudah alumni, dari jurusan lain, angkatan lain, dll.


Melatih memecahkan masalah dan konflik
Di dalam sebuah organisasi terdapat banyak karakter dan pendapat yang berbeda dari masing-masing anggota yang bisa menimbulkan masalah dan konflik. Di samping itu, anggota organisasi akan belajar bagaimana cara ataupun langkah-langkah yang harus di lakukan untuk memecahkan masalah tersebut. Bila sudah sering menyelesaikan masalah dan konflik, maka manfaat organisasi akan terasa dan ketika di lingkungan kerja mendapatkan masalah seperti itu akan membuat merasa tidak terkejut.


Melatih Skill dan Mempertajam Bakat
Dengan mengikuti organisasi mahasiswa bisa menjadikan wadah untuk melatih Skill dan mempertajam bakat melalui praktek-praktek sesama anggota dan melalui kegiatan-kegiatan sosial yang di laksanakan. Sehingga skill yang di miliki bisa berkembang dan akan menjadikan lebih professional.


Mempertemukan anda dengan jodoh
Ini adalah point tambahan untuk menghibur, Seringkali mahasiswa yang mengikuti organisasi merupakan ajang untuk mencari jodoh, jadi tidak heran kalau organisasi itu bermanfaat untuk ajang pencarian jodoh. Karena di dalam organisasi akan mempertemukan banyak teman dekat yang bisa menjadi nominasi untuk di seleksi menjadi pendamping hidup anda. Jadi bila anda mahasiswa ikutlah berorganisasi siapa tau jodoh anda ada di dalam organisasi yang anda ikuti. he he he . . . . .



Update Contact :
No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email : Fajarudinsidik@gmail.com
NB :: Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code, membeli hardware elektronika untuk kepentingan Perusahaan maupun Tugas Akhir (TA/SKRIPSI), Insyaallah Saya siap membantu, untuk Respon Cepat dapat menghubungi kami, melalui :

No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email: Fajarudinsidik@gmail.com


atau Kirimkan Private messanger melalui email dengan klik tombol order dibawah ini :

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين
Alhamdulilah hirobil alamin

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Artikel Manfaat Organisasi Bagi Mahasiswa, Diterbitkan oleh scodeaplikasi pada Minggu, 16 Agustus 2015. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Website ini dipost dari beberapa sumber, bisa cek disini sumber, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, karena segala yang dipost di public adalah milik public. Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code ,Dengan Cara menghubungi saya Ke Email: Fajarudinsidik@gmail.com, atau No Hp/WA : (fajar) : 085369237896, (puat) : 085267792168.

Tawk.to