.:: Jasa Membuat Aplikasi Website,Desktop,Android Order Now..!! | | Order Now..!! Jasa Membuat Project Arduino,Robotic,Print 3D ::.

Distributed Object CORBA and RMI

0 komentar


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
bismillaahirrahmaanirrahiim

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Distributed Object CORBA and RMI

Arsitektur Corba
CORBA (Common   Object Request Broker   Architecture) merupakan  suatu spesifikasi  yang dikembangkan  oleh  OMG (Object Management Group). Tujuan CORBA adalah untuk pengembangan pemrograman objek terdistribusi. CORBA bukanlah bahasa pemrograman, tapi merupakan spesifikasi untuk mengembangkan objek-objek terdistribusi. Beberapa software yang mengimplementasi-kan COBA misalnya ORBIX (oleh IONA Technologies), VisiBroker (oleh Insprise), dan JavaIDL (oleh JavaSoft).

CORBA memiliki arsitektur yang berbasiskan model objek. Model ini diturunkan dari abstrak Core Object Model yang didefiniskan OMG di dalam OMA (Object Management Architecture). Model ini merupakan gambaran abstrak yang tidak dapat diimplementasikan tanpa menggunakan teknologi tertentu. Dengan model tersebut, suatu aplikasi dibangun dengan standard yang telah ditentu kan dari  800 perusahaan.

Sistem CORBA terdiri dari objek-objek yang mengisolasi suatu client dari suatu server dengan menggunakan interface enkapsulasi yang didefinisikan secara ketat. Objek-objek CORBA dapat berjalan di atas berbagai platform, dapat terletak dimana saja dalam suatu network, dan dapat dikodekan dengan bahasa pemrograman apapun asal memiliki IDL mapping.

Object Management Architecture (OMA) mendefinisikan berbagai fasilitas high level yang diperlukan untuk komputasi berorientasi objek. Bagian utama dari OMA adalah Object Request Broker (ORB). ORB merupakan suatu mekanime yang memberikan transparansi lokasi, komunikasi, dan aktivasi. Suatu objek. ORB adalah semacam software bus untuk objek-objek dalam CORBA. Berdasarkan OMA, spesifikasi CORBA harus dipatuhi oleh ORB.


Komponen Utama CORBA

CORBA disusun oleh komponen-komponen utama :
- ORB (Object Request Broker)
- IDL (Interface Definition Language)
- DII (Dynamic Invocation Interface)
- IR (Interface Repositories)
- OA(Object Adapter)

Gambar : Arsitektur CORBA

Distributed Object CORBA and RMI



Komponen Corba pada client

Komponen CORBA pada sisi Client :
- Client Application
- Client IDL Stubs
- Dynamic Invocation Interface
- Interface Repository
- Client Side ORB Interface
- ORB Core


Komponen Corba pada Server

Komponen CORBA yang terletak di sisi Server
- Server Side ORB Interface
- Static IDL Skeleton
- Dynamic Skeleton Interface



Komponen Utama penyusun CORBA

Object Request Broker (ORB)

ORB merupakan inti dari CORBA dan bertanggung jawab untuk menjalankan semua mekanisme yang dibutuhkan, yaitu:

- Menemukan implementasi objek untuk memenuhi suatu request
- Menyiapkan implementasi objek untuk menerima suatu request
- Melakukan komunkasi data untuk memenuhi suatu request

Sebuah permintaan (request) yang dikirimkan suatu client ke suatu object implementation akan melewati ORB. Dengan ORB, yang terdiri dari interface, suatu client dapat berkomunikasi dengan object implementation tanpa adanya batasan platform, teknologi jaringan, bahasa pemrograman, dan letak objek.

Gambar : Request

Distributed Object CORBA and RMI


Dengan menggunakan ORB, objek client bias meminta sebuah method pada sebuah object server yang bisa saja terdapat dalam satu mesin maupun jaringan yang berbeda. ORB menerima panggilan dan menemukan objek yang bisa mengimplementasikan permintaan, mengirim parameter, invoke method, dan mengembalikan hasil yang diperoleh.


Client adalah suatu program/proses yang melakukan request pada suatu objek. Terdapat pula client relative, yaitu suatu objek yang menjadi client dari objek lainnya.
Client suatu objek harus mengakses OR (Object Reference) suatau objek tertentu untuk melakukan operasi pada suatu objek. Client hanya mengetahui struktur logika suatu objek melalui interface yang dimiliki objek tersebut dan behaviour yang dimiliki objek tersebut saat dipanggil. Secara umum, client mengakses objek dan ORB melalui language mapping.

Client dapat bersifat portable dan seharusnya dapat berjalan tanpa harus mengubah kode pada ORB yang mendukung language mapping berbeda dengan objek instance yang mengimplementasikan interface berbeda. Untuk membuat suatu request,client dapat menggunakan
  1. DII (Dynamic Invocation Interface) yaitu suatu interface yang tidak tergantung pada inteface objek yang dituju
  2. IDL Stub, yang tergantung pada interface objek yang dituju. (ctt. Untuk fungsi-fungsi tertentu,client dapat berinteraksi secara langsung dengan ORB)

Object Implementation (OI)

Suatu Object Implementation (OI) menyediakan semantik dari objek, yang  umumnya dilakukan dengan mendefiniskan data untuk object instance dan kode untuk method-method objek tersebut. Seringkali kita menggunakan objek lain atau menggunakan software tambahan untuk mengimplementasikan sifat suatu objek.

Berbagai Object Implementation (OI) dapat didukung oleh  server yang terpisah, librarys,  sebuah program setiap method, aplikasi terenkapuslasi, object-oriented database, dan lain-lain. Dengan menggunakan object adapters (OA) tambahan, dimungkinkan untuk mendukung suatu Object Implementation (OI) secara virtual.

Secara umum, Object Implementation (OI) tidak tergantung pada ORB atau bagaimana suatau client memanggil suatu objek. Object Implementation (OI) dapat memilih interface-nya ke ORB-dependent service yang dipilih dengan memilih Object Adapter (OA).

Object Implementation (OI) menerima suatu request melalui :
  1. IDL Skeleton
  2. Dynamic Skeleton Interface (DSI) Object Implementation (OI) dapat memanggil Object Adapter (OA) dan ORB pada saat memproses sebuah request.

 
Interface
Inteface suatu objek dapat didefinisikan dengan cara statis, yaitu menggunakan IDL (Interace Definition Languange). IDL mendefiniskan tipe suatu objek berdasarkan operasi-operasi (yang mungkin dijalankan pada objek tersebut) dan parameter operasi tersebut.
Interface-interface tersebut dikelompokan menjadi:

- operasi yang sama untuk semua implementasi ORB
- operasi khusus untuk tipe objek tertentu
- operasi khusus untuk style OI tertentu








Object Reference (OR)

Object Reference (OR) merupakan informasi yang dibutuhkan untuk menentukan sebuah objek dalam ORB. Client dan Object Implementation (OI) memiliki bagaian yang tertutup dari OR dengan language mapping, yang kemudian disekat dari representasi aktualnya. Dua implementasi ORB dapat memiliki representasi OR yang berbeda. Representasi OR pada sisi client hanya valid selama masa hidup client tersebut.


Interface Definition Language (IDL)
  • Objek-objek CORBA dispesifikasikan menggunakan interface, yang merupakan penghubung anatara client dan server. 
  • Interface Definition Language (IDL) digunakan untuk mendefinisikan interface tersebut.

Object Adapter (OA)
Object Adapter (OA) merupakan cara utama bagi sebuah Object Implemetation  (OI) untuk mengakses service yang disediakan oleh ORB. Tugas utamanya adalah melakukan masking (menutupi) perbedaan dalam implementasi objek untuk memperoleh portability yang lebih tinggi.


ORB Interface 

ORB Interface Merupakan interface yang berhubungan langsung dengan ORB yang sama untuk semua ORB dan tidak tergantung pada interface suatu objek atau Objek Adapter(OA). Karena banyak fungsionalitas ORB yang disediakan melalui OA, stub, skeleton, maupun dynamic invocation; maka ada sedikit operasi yang umum bagi semua objek.


Inteface Repository (IR)

Interface Repository (IR) merupakan online database yang berisi tentang meta informasi tentang tipe dari objek ORB. Meta informasi yang disimpan meliputi informasi tentang modul, interface, operasi, atribut, dan eksepsi dari objek.


Implementation Repository

Implementation Repository terdiri dari informasi yang memperbolehkan ORB untuk mencari dan mengaktivasi implementasi suatu objek. Meskipun untuk suatu ORB atau lingkungan operasi, Implementation Repository merupakan tempat yang konvensional untuk menyimpan suatu informasi.


Internet Inter-ORB Protocol (IIOP)

CORBA mendefinisikan IIOP(Internet Inter-ORB Protocol) untuk mengatur bagaimana objek berkomunikasi melalui jaringan. IIOP merupakan open protocol yang berjalan diatas TCP/IP.


Sistem Keamanan pada CORBA

Selain mendefinisikan arsitektur CORBA, OMG (Object Management Group) juga mengembangkan definisi formal untuk servis keamanan pada CORBA.

Keamanan (Security) merupakan hal sangat vital pada sistem komputer modern, terutama untuk sistem terdistribusi yang lebih mudah diserang dari pada sistem trandisional biasa. Oleh karena itu servis yang menunjang keamanan sangat diperlukan dalam System terdistribusi seperti CORBA.


Sistem Kemananan

Sistem keamanan (sekuriti) adalah proteksi umum suatu sistem informasi dari orang-orang yang akan melakukan akses yang tak diizinkan maupun interferensi dalam pengiriman informasi. Secara umum, keamanan berkenaan dengan masalah:

- Confidentiality (informasi hanya diberikan pada user yang berhak mengaksesnya)
- Integrity (informasi hanya boleh diubah oleh user yang berhak mengubahnya)
- Accountability (aksi-aksi user yang berhubungan dengan keamanan selalu dicatat)
- Avaiability (sistem selalu tersedia bagi user yang berhak mengaksesnya)

Sebagai tambahan dari hal-hal mendasar tersebut, spesifikasi OMG juga menyebutkan sejumlah ancaman (threat) dan sejumlah fitur (ferature) penting untuk mencapai tujuan (goal) dari sistem kemananan.


Ancaman

Banyak ancaman yang terdapat pada suatu sistem informasi karena selalu saja ada orang yang mencoba untuk menjebol sistem tersebut dan berusaha mendapatkan informasi yang seharusnya tidak boleh diakses mereka.
Beberapa jenis ancaman yang dideskripsikan dalam spesifikasi OMG adalah:

  1. Kontrol keamanan (Security control) di-bypass oleh orang lain
  2. Seorang authorised user mendapatkan akses pada informasi yang seharusnya disembunyikan darinya.
  3. Seorang user menyamar sebagai orang lain dan mendapatkan akses, sehingga aksinya tercatat dilakukan oleh orang lain tersebut. Pada sistem terdistribusi, user mungkin saja mendelegasikan proses pada objek lain, sehingga objek tersebut dapat digunakan untuk kepentingannya.
  4. Kurangnya accountability, misalnya identitas user yang tidak mencukupi.
  5. Penyadapan untuk mendapatkan data yang seharusnya dirahasiakan.
  6. Memodifikasi pada komunikasi antar objek (mengubah, menambah maupun menghapus item)
Hal-hal mendasar pada sistem keamanan, yaitu Confidentiality, integrity, accountability, dan availability adalah dasar untuk membangun sistem keanaman pada CORBA. Namun, sistem CORBA bukanlah jenis sistem informasi biasa, melainkan karena sifat terdistribusinya, sistem ini memiliki potensi ancaman yang mungkin tidak terdapat pada sistem lain.

Oleh karena sifat terdistribusi tersebut, beberapa tujuan keamanan yang khusus pada CORBA adalah:
  •  Menyediakan keamanan atas sistem heterogen dimana vendor yang berbeda mungkin mensuplai ORB yang berbeda pula.
  •  Karena sistem CORBA berorientasi objek, maka spesifikasi-nya juga harus berorientasi objek :
  1. Interface harus sepenuhnya objek oriented murni
  2. Model harus menggunakan enkapsulasi untuk menampilkan kesatuan sistem dan menyembunyikan kompleksitas mekanisme sekuriti dibawah interface sederhana.
  3. Model harus mengizinkan implementasi polimorfisme pada objeknya yang berbasis pada mekanisme lapisan bawah berbeda, sehingga menyediakan apa yang disebut teknologi keamanan independen
  • Secure Object Invocation, untuk memastikan invocation diproteksi oleh aturan sekuriti
  • Access Control dan Auditing, untuk memastikan bahwa accsess control dan auditing yan diperlukan telah diterapkan pada invocation objek.
 
Fitur
Dalam rangka menghadapi ancaman yang telah disebutkan diatas dan mencapai tujuan yang diinginkan, spesifikasi OMG menentukan fitur-fitur kunci yang harus diproses oleh sistem keamanan pada CORBA, yaitu:
  1. Identification dan Authentication
  2. Authorisation dan Access control (memutuskan apakah suatu user dapat mengakses objek (umumnya menggunakan identitas secara normal dan/atau atribut istimewa lain) dan apakah      atribut kontrol dari objek target dapat mengaksesnya)
  3. Security Auditing (untuk membuat mencatat semua kegiatan user yang berhuungan dengan  sekuriti. Mekanisme auditing harus harus dapat mengidentifikasi user secara benar, bahkan  setelah rangkaian call melalui banyak objek)
  4. Keamanan dari komunikasi antar objek (hal ini memerlukan koneksi yang terpercaya antara client dan target, yang mungkin memerlukan autentifikasi dari client untuk target, maupun autentifikasi dari target untuk client. Hal ini juga memerlukan integrity protection dan Confidentiality protection untuk message yang dikirimkan antar object)
  5. Non-repudiation (menyediakan bukti nyata dari suatu aksi yang dilakukan oleh User)
  6.  Administrasi dari informasi sekuriti.


RMI (Remote Method Invocation)

  • Sistem komputasi terdistribusi yang bekerja di banyak tempat mengharuskan beberapa komputer untuk bisa berkomunikasi satu sama lain. Untuk komunikasi, bahasa Java mendukung pemakaian socket yang sifatnya fleksibel dan mencukupi untuk keperluan komunikasi umum. Tapi di sisi lain, untuk membuat socket, client dan server harus terhubung melalui protokol pada application level untuk meng-encode dan men-decode data-data yang akan dikirimkan.
  • Protokol itu sendiri ternyata sulit untuk dibuat dan bisa menjadi rentan terhadap error.
  • RMI adalah salah satu bagian dari J2SE yang digunakan untuk membangun aplikasi terdistribusi menggunakan bahasa Java.
  • RMI adalah kumpulan kelas dalam Java yang digunakan untuk menangani pemanggilan (invocation) method secara jarak jauh (remote) dalam suatu jaringan atau Internet,Idenya memisahkan obyek-obyek secara terdistribusi dalam mesin-mesin yang berbeda. 
  • RMI menggunakan prinsip pemrograman berorientasi obyek dimana obyek satu dapat saling berkomunikasi dengan obyek lainnya,Untuk membangun aplikasi RMI dibutuhkan Interface. 
  • RMI terdiri dari RMI client dan server.

Arsitektur RMI
  • RMI Server akan mendaftarkan remote obyeknya ke RMI Registry melalui bind dengan nama unik. RMI Client yang akan melakukan suatu pemanggilan method dari remote obyek, harus meminta referensi obyek ke RMI Registry berdasarkan nama kelas obyek tersebut.
  • Dalam RMI harus ada pendefinisian interface (behaviour) dan implementasi interface (berupa kelas) , RMI hanya dimiliki oleh bahasa Java saja.


Distributed Object CORBA and RMI


RMI LAYER

Distributed Object CORBA and RMI


Stub & Skeleton

  • Merupakan interface antara aplikasi dan RMI System. Stub bertindak sebagai client side proxy ,Skeleton bertindak sebagai server side proxy
  • Selama remote invocation stub bertanggung jawab untuk:
  1. Meminta lokasi remote server obyek pada remote reference Layer
  2. Marshalling : merangkaian argumen pada output stream
  3. Memberitahu remote reference Layer bahwa semua data parameter telah terkirim, sehingga pemanggilan method sesungguhnya dapat dilakukan oleh server
  4. Unmarshalling: rangkaian nilai yang diterima dari remote obyek
  5. Memberitahu remote reference Layer bahwa pemanggilan telah lengkap

    Skeleton bertanggung jawab untuk:
    • Marshalling: nilai kembalian atau exception kepada stub client
    • Mengirimkan panggilan method pada server object sesungguhnya


    Update Contact :
    No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
    No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
    Email : Fajarudinsidik@gmail.com
    NB :: Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code, membeli hardware elektronika untuk kepentingan Perusahaan maupun Tugas Akhir (TA/SKRIPSI), Insyaallah Saya siap membantu, untuk Respon Cepat dapat menghubungi kami, melalui :

    No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
    No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
    Email: Fajarudinsidik@gmail.com


    atau Kirimkan Private messanger melalui email dengan klik tombol order dibawah ini :

    ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين
    Alhamdulilah hirobil alamin

    وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


    Artikel Distributed Object CORBA and RMI, Diterbitkan oleh scodeaplikasi pada Senin, 27 Juni 2016. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Website ini dipost dari beberapa sumber, bisa cek disini sumber, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, karena segala yang dipost di public adalah milik public. Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code ,Dengan Cara menghubungi saya Ke Email: Fajarudinsidik@gmail.com, atau No Hp/WA : (fajar) : 085369237896, (puat) : 085267792168.

    Tawk.to