.:: Jasa Membuat Aplikasi Website,Desktop,Android Order Now..!! | | Order Now..!! Jasa Membuat Project Arduino,Robotic,Print 3D ::.

Mengenal struktur dasar dalam penulisan bahasa HTML

0 komentar


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
bismillaahirrahmaanirrahiim

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Pada kesempatan ini penulis akan mencoba memulai dari awal bagaiamana mengenal bahasa HTML. Pada dasarnya untuk membangun website baik itu statis maupun dinamis tentunya tidak akan terlepas dari bahasa  HTML. Untuk mengetahui bagaimana struktur bahasa HTML tentu harus meluangkan waktu untuk belajar dan penuh kesabaran dalam mempelajarinya. Karena yang akan di pelajari adalah Script bahasa yang tidak di tulis dalam bentuk bahasa indonesi ataupun bahasa daerah dan bahasa sehari-hari melainkan sebuah bahasa yang sudah di rancang khusus oleh pembuatnya yang di rancang dengan memiliki prosedur tertentu dalam penulisannya. Meskipun pada prakteknya banyak aplikasi pembuat website yang biasa di gunakan untuk membangun website dinamais yang biasa di kenal dengan CMS (Content Management System). Akan tetapi untuk melakukan manipulasi pada suatu website tentu kita harus memahami bahasa pemrogramannya supaya dapat di kembangkan lebih jauh. 

Bahasa pemrograman website selain bahasa HTML ada pula bahasa pemrograman lain yang dapat di gunakan untuk website yang lebih dinamis dan lebih kompleks. Bahasa yang paling banyak di gunakan untuk membangun sebuah website yang tidak boleh terlepas di antaranya adalah CSS, JavaScript, dan PHP. Ketiga bahasa pemrograman tersebut merupakan bahasa pemrograman yang banyak di gunakan oleh developer pembuat website. Akan tetapi, pada artikel ini yang akan di bahas adalah awal dari pemrograman web atau awal dari membangun sebuah website. Sedikit penjelesan bahwa sebenarnya bahasa HTML (Hypertext Markup Language) ada juga yang mengatakan bahwa bukanlah sebuah bahasa pemrograman melainkan hanyalah sebuah struktur bahasa yang di tulis sesuai dengan prosedurnya dengan maksud untuk menampilkan sebuah halaman website yang dapat di terjemahkan oleh mesin pencari. 

Untuk lebih jelasnya maka penulis akan menjelaskan sedikit tentang maksud dari bahasa HTML. Bahasa Hypertext Markup Language (HTML) merupakan bahasa markah yang di gunakan dan di tuliskan dalam bentuk file dengan maksud untuk menampilkan halaman web pada sebuah mesin pencari atau browser engine. Setiap baris pada script yang di tuliskan dikenal dengan tag. Untuk penulisan struktur bahasanya maka di mulai dengan tag <html> dan ditutup dengan tag </html>.

Struktur dasar Bahasa HTML (Hypertext Markup Language).

<html>
<head>
<Title> Perintah dasar bahasa HTML</title>
</head>
<body>
<!--Keterangan-->
Ini Latihan Pertamaku mengenal struktur dasar bahasa HTML
</body>
</html>
Tag  <HTML>
Mendefinisikan sebuah dokumen html yang memiliki tag pembuka dan penutup. 

Tag <Head>
Mendefinisikan sebuah header judul atau bagian judul yang akan di tampilkan pada tab browser.

Tag <Title>
Mendefinisikan sebuah judul halaman yang akan di tampilkan pada tab browser.

Tag <Body>
Mendefinisikan bagian badan/isi sebuah dokumen. Untuk menampilkan sebuah isi atau dokumen yang berisi informasi pada sebuah halaman web anda maka anda harus meletakkannya di dalam tag Body.

Tag <!--Keterangan-->
Mendefinisikan sebuah keterangan pada bahasa HTML, untuk di ketahui bahwa keterangan ini tidak di proses oleh komputer karena ini sekedar keterangan dan tidak di tampilkan pada halaman web.          

Yang perlu di perhatikan bahwa untuk membedakan antara tag pembuka dan tag penutup hanya pada penambahan pada karakter garis miring. Contoh tag pembuka tag <html> dan untuk penutup maka akan di tambahkan garis miring seperti ini </html>.

Sedikit penjelesan untuk penulisan bahasa HTML harus di perhatikan bagaimana penempatan scriptnya, baik itu tag pembuka dan bagian tag penutup. dalam hal ini yaitu dimana akan di mulai untuk meletakkan script tertentu yang di butuhkan dan dimana letaknya akan di tutup.karena akan berpengatuh pada tampilan sebuah halaman website yang akan di tampilkan di search engine atau mesin pencari.

Itulah sedikit penjelasan tentang pemahaman mengenai bahasa HTML (Hypertext Markup Language yang penulis dapat tuangkan dalam halaman ini, semoga artikel dapat memberikan pemahaman kepada anda yang khususnya baru akan memulai mengenal yang namanya bahasa HTML. 

Update Contact :
No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email : Fajarudinsidik@gmail.com
NB :: Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code, membeli hardware elektronika untuk kepentingan Perusahaan maupun Tugas Akhir (TA/SKRIPSI), Insyaallah Saya siap membantu, untuk Respon Cepat dapat menghubungi kami, melalui :

No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email: Fajarudinsidik@gmail.com


atau Kirimkan Private messanger melalui email dengan klik tombol order dibawah ini :

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين
Alhamdulilah hirobil alamin

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Artikel Mengenal struktur dasar dalam penulisan bahasa HTML, Diterbitkan oleh scodeaplikasi pada Jumat, 20 Juni 2014. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Website ini dipost dari beberapa sumber, bisa cek disini sumber, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, karena segala yang dipost di public adalah milik public. Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code ,Dengan Cara menghubungi saya Ke Email: Fajarudinsidik@gmail.com, atau No Hp/WA : (fajar) : 085369237896, (puat) : 085267792168.

Tawk.to