.:: Jasa Membuat Aplikasi Website,Desktop,Android Order Now..!! | | Order Now..!! Jasa Membuat Project Arduino,Robotic,Print 3D ::.

Instalasi Zeos pada Delphi Xe2

0 komentar


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
bismillaahirrahmaanirrahiim

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Zeos Adalah komponen freeware yang pada umunya digunakan untuk koneksi database Mysql, tapi bisa digunakan juga untuk koneksi dengan database lain seperti firebird, PostgreSQL daln lainya. Saya mengenal komponen Zeos dari forum-forum yang saya ikuti, karena banyak yang merekomendasikan menggunakan Zeos lebih mudah dan sudah stabil untuk koneksi antar database. Dari forum itulah saya belajar bagaimana menggunakan Zeos.


Berikut saya akan memberikan tutorial bagaimana cara menginstal Zeos di Delphi. Karena setiap versi Delphi ada yang berbeda cara penginstalanya maka saya disini saya memberikan tutorial instal pada Delphi XE2 saja.

Pertama download dulu komponennya disini. Setelah selesai download kemudian extract file yang ada didalam file ZeosDBO-7.src.rar. terdapat beberapa folder didalamnya seperti pada gambar di bawah.

folder zeoslib

Setelah itu masuk ke folder Packages\DelphiXE2 buka projectGroup16 dengan mengklik 2x otomatis akan menjalan Delphi XE2. Kemudian setelah terbuka di delphi langkah selanjutnya lakukan klik kanan Build all mengecek apakah ada yang error. seperti gambar dibawah ini.

projectgroup zeoslib


Kemudian pada ZcomponentDesign16 klik kanan lalu klik instal maka delphi akan melakukan proses instal komponen Zeos setelah selesai akan muncul kotak dialog berhasil registrasi komponen Zeos. lihat pada gambar dibawah.

Instal ZeosLib

Langkah selajutnya menambahkan Library Zeos ke delphi pada menu delphi di Tool > Option > library klik tombol sebelah kanan kolom library path kemudian browse folder.

Menambahkan library zeos

Menambahkan library zeos

Cari dimana letak extract file Zeos tadi kalo bisa folder extract jangan sampai dipindahkan direktori nanti akan terjadi error ketika kita memakai komponen Zeos apabila di pindah.
Add folder packages DelphiXE2, Src, Component, Core, dbc, parseSQL, plain. ikuti gambar dibawah ini.

Menambahkan library zeos

Menambahkan library zeos

Menambahkan library zeos


Lakukan hal yang sama pada folder Core, dbc, parseSQL, plain. Setelah semua library sudah dimasukan selesai sudah proses instalasi Komponen Zeos pada delphiXE2. Demikian pula tutorial ini semoga bermanfaat. Keep programing !!!. :D






Update Contact :
No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email : Fajarudinsidik@gmail.com
NB :: Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code, membeli hardware elektronika untuk kepentingan Perusahaan maupun Tugas Akhir (TA/SKRIPSI), Insyaallah Saya siap membantu, untuk Respon Cepat dapat menghubungi kami, melalui :

No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email: Fajarudinsidik@gmail.com


atau Kirimkan Private messanger melalui email dengan klik tombol order dibawah ini :

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين
Alhamdulilah hirobil alamin

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Artikel Instalasi Zeos pada Delphi Xe2, Diterbitkan oleh scodeaplikasi pada Rabu, 16 Oktober 2013. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Website ini dipost dari beberapa sumber, bisa cek disini sumber, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, karena segala yang dipost di public adalah milik public. Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code ,Dengan Cara menghubungi saya Ke Email: Fajarudinsidik@gmail.com, atau No Hp/WA : (fajar) : 085369237896, (puat) : 085267792168.

Tawk.to