.:: Jasa Membuat Aplikasi Website,Desktop,Android Order Now..!! | | Order Now..!! Jasa Membuat Project Arduino,Robotic,Print 3D ::.

Koneksi Mysql Dengan Zeos (Delphi)

0 komentar


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
bismillaahirrahmaanirrahiim

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sambil nunggu hujan reda, enak nie berbagi ilmu sekalian buat catatan agar ilmunya tidak lupa. Kali ini saya akan berbagi tutorial bagaimana mengkoneksikan database mysql dengan komponen Zeos. Komponen Zeos sendiri sering digunakan karena kemudahannya berinteraksi dengan database mysql, dulu waktu pertama kali belajar delphi saya sering menggunakan komponen ADOConnection. Saya beralih ke Zeos karena kalau menggunakan komponen ADo harus membuat Datasource dengan ODBCconnetion dari mysql.


Bahan yang dibutuhan untuk membuat koneksi Mysql dengan delphi sebagai berikut.
  • Delphi ( Delphi 7 ke atas) untuk tutorial ini saya menggunakan Delphi Xe2 tapi tidak menutup kemungkinan caranya sama dengan delphi versi sebelumnya
  • Komponent Zeos, bagi yang belum memiliki komponennya bisa Sedot disini
  • Database Engine Mysql
Sebelum membuat koneksi delphi dengan mysql menggunakan Zeos instal komponen Zeos terlebih dahulu lihat turorialnya disini.

kemudian buat database tutor1 atau terserah anda ingin buat database apa yang akan dikoneksikan menggunakan Zeos.

Kemudian bikin tabel yang nanti datanya akan ditampilkan di aplikasi delphi. Misal disini saya menggunakan tb_suplier dengan fields kodesupplier, namasupplier, alamat1, alamat2, kota, notelepon.

1. Pertama buka delphi lalu pilih File > New > Vcl form Application Delphi Sehingga tampil seperti gambar    berikut.
Delphi new aplication


2. Letak kan komponen ZeosConnection, ZeosQuery, Datasource dan Dbgrid sehingga tampilan seperti dibawah ini.
form dan komponen database zeos

3. Seting Propertis ZeosConnection Seperti berikut

properties seting zconnention

4. Pada ZQuery pada propertis Connection di isi Dengan Zconnenction1 dan properties SQL nya di isi dengan " SELECT * FROM tb_supplier kemudian properties active diganti dengan True.

menambahkan sintak SQL query

5. Pada komponen Datasource1 properties Dataset deganti dengan Zquery1
6. Pada komponen DBgrid1 properties Datasource diganti dengan Datasource1 maka akan tampil hasil seperti gambar berikut.

hasil koneksi mysql dengan zeoslib

7. Kalau hasil sudah seperti gambar diatas berarti koneksi mysql dengan delphi sudah sukses, kemudian jalankan program dengan menekan F9. Makan akan hasil seperti gambar berikut.

hasil koneksi mysql dengan zeoslib

Selesai sudah tutorial mengkoneksikan Zeos dengan delphi semoga bermanfaat untuk pembelajaran. Dan jangan lupa dikembangkan lagi. Sedot source codenya Disini

Update Contact :
No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email : Fajarudinsidik@gmail.com
NB :: Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code, membeli hardware elektronika untuk kepentingan Perusahaan maupun Tugas Akhir (TA/SKRIPSI), Insyaallah Saya siap membantu, untuk Respon Cepat dapat menghubungi kami, melalui :

No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email: Fajarudinsidik@gmail.com


atau Kirimkan Private messanger melalui email dengan klik tombol order dibawah ini :

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين
Alhamdulilah hirobil alamin

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Artikel Koneksi Mysql Dengan Zeos (Delphi), Diterbitkan oleh scodeaplikasi pada Rabu, 16 Oktober 2013. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Website ini dipost dari beberapa sumber, bisa cek disini sumber, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, karena segala yang dipost di public adalah milik public. Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code ,Dengan Cara menghubungi saya Ke Email: Fajarudinsidik@gmail.com, atau No Hp/WA : (fajar) : 085369237896, (puat) : 085267792168.

Tawk.to