.:: Jasa Membuat Aplikasi Website,Desktop,Android Order Now..!! | | Order Now..!! Jasa Membuat Project Arduino,Robotic,Print 3D ::.

Cara membuat Form Validasi menggunakan HTML5

0 komentar


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
bismillaahirrahmaanirrahiim

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pada tutorial kali ini mengenai Cara membuat Form Validasi menggunakan HTML5. Sedikit saya bahas mengenai form validasi. Form validasi merupakan suatu cara untuk memberikan sebuah peringatan atau validasi pada sebuah form. Dengan menggunakan teknik ini user yang mengisi sebuah form, dapat memahami bagaimana cara untuk mengisi form. Contoh sederhananya, anda pasti pernah mendaftar pada situs sosial media atau situs website lainnya. Nah, pada saat anda mengisikan data anda tidak sesuai dengan yang diinginkan pemilik website tersebut, maka akan muncul sebuah peringatan seperti Username tidak boleh kosong, atau Username is Required dan lain-lainnya. 
Di tutorial ini, saya akan menunjukkan bagaimana membuat validasi yang sangat sederhana yaitu form yang tidak boleh kosong. Dengan menggunakan HTML5 anda dapat melakukannya, tetapi terkadang ada juga browser yang belum support dengan HTML5 (biasanya versi lama gitu gan). Pastikan browser anda support dengan HTML5, agar tutorial ini dapat berjalan dengan baik.
Perintah HTML5 yang saya gunakan adalah :
required
Perintah tersebut memiliki fungsi untuk membuat sebuah validasi yang sederhana tadi. Untuk lebih lengkapnya, anda dapat mencoba script dibawah ini dan simpan dengan nama validation.html :
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Belajar Validasi dengan HTML5</title>
</head>
<body>

<form>
<input type="text" name="test" required><br>
<input type="submit" value="Test">
</form>

</body>
</html>

Skrip yang sederhana bukan.?? Dalam skrip diatas sepertinya tidak membutuhkan penjelasan, saya harap anda paham sebelumnya mengenai form pada HTML. Jika anda sudah berhasil, maka hasilnya seperti gambar dibawah ini :
Cara membuat Form Validasi menggunakan HTML5
Pada form tersebut, lalu ketika anda klik button maka pesan tersebut akan muncul.
Sampai disini tutorial yang saya sampaikan semoga tutorial Cara membuat Form Validasi menggunakan HTML5 dapat bermanfaat. Trima kasih.

Update Contact :
No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email : Fajarudinsidik@gmail.com
NB :: Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code, membeli hardware elektronika untuk kepentingan Perusahaan maupun Tugas Akhir (TA/SKRIPSI), Insyaallah Saya siap membantu, untuk Respon Cepat dapat menghubungi kami, melalui :

No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email: Fajarudinsidik@gmail.com


atau Kirimkan Private messanger melalui email dengan klik tombol order dibawah ini :

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين
Alhamdulilah hirobil alamin

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Artikel Cara membuat Form Validasi menggunakan HTML5, Diterbitkan oleh scodeaplikasi pada Kamis, 19 November 2015. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Website ini dipost dari beberapa sumber, bisa cek disini sumber, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, karena segala yang dipost di public adalah milik public. Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code ,Dengan Cara menghubungi saya Ke Email: Fajarudinsidik@gmail.com, atau No Hp/WA : (fajar) : 085369237896, (puat) : 085267792168.

Tawk.to