.:: Jasa Membuat Aplikasi Website,Desktop,Android Order Now..!! | | Order Now..!! Jasa Membuat Project Arduino,Robotic,Print 3D ::.

LiFi Teknologi Nirkabel Penerus WiFi

0 komentar


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
bismillaahirrahmaanirrahiim

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pengertian LiFi (Light Fidelity) adalah jaringan internet dengan menggunakan cahaya sebagai media untuk mengantar/membawa data ke komputer. Kepanjangan LiFi adalah Light Fidelity. Aku terjemahkan di google terjemahan Light artinya Cahaya. Sedangkan Fidelity mengandung arti Kesetiaan, Ketepatan, Ketaatan, Ketelitian, Loyalitas, Kejituan dan Kebenaran. Maka berdasarkan hasil terjemahan tersebut dapat diriku simpulkan bahwa arti Light Fidelity adalah Ketepatan Cahaya.

LiFi masih tergolong jaringan baru. LiFi di ibaratkan sebagai kelanjutan atau perbaruan dari Wifi. Mungkin saja suatu saat nanti, bahwa jaringan LiFi akan menggantikan jaringan Wifi.
Jaringan LiFi memungkinkan kita dapat berinternet dengan bebas tanpa kabel, mirip dengan WiFi. Tetapi dalam menghubungkan koneksi internet dengan LiFi dibutuhkan hanya "cahaya" saja sebagai media komunikasinya.

Mengutip dari http://trendtek.republika.co.id/(Rabu, 25 November 2015) Seorang tim insinyur di University of Washington telah mengembangkan sistem baru yang disebut Power Over Wi-Fi (Powifi), yang dapat memberikan daya kepada jaringan nirkabel menggunakan energi yang melekat di sinyal wifi. Dengan satu router, mereka berhasil mengoperasikan jaringan nirkabel dan memberikan daya bagi perangkat.

Sistem yang pertama kali diumumkan oleh peneliti pada awal tahun, diatur untuk disajikan dalam sebuah makalah pada akhir bulan depan di Association for Computing Machinery�s CoNEXT 2015 di Jerman. Teknologi ini diharapkan dapat menahan daya tarik yang cukup, untuk siapa saja yang menyukai gadget elektronik dan menggunakan wifi.

Dalam pengujian, para peneliti menunjukkan bahwa PoWiFi mendistribusikan cukup daya, untuk secara nirkabel menjalankan kamera VGA berdaya rendah dari jarak dari lima meter. Teknologi ini juga berhasil mengisi ulang baterai dari Jawbone Up 24, sebuah perangkat wearable dari nol hingga 41 persen dalam waktu 2,5 jam.
"Untuk pertama kalinya kami telah menunjukkan bahwa Anda dapat menggunakan perangkat wifi untuk daya sensor di kamera dan perangkat lain. Kami juga membuat sistem yang dapat hidup berdampingan sebagai router wifi dan sumber daya. Itu tidak menurunkan kualitas sinyal wifi Anda saat perangkat itu dinyalakan," kata Vamsi Talla, seorang insinyur listrik dan penulis utama penelitian tersebut. (baca juga Powifi, wifi generasi terbaru)

Baru-baru ini, ilmuwan menguju coba lifi, teknologi nirkabel yang mentransmisikan data berkecepatan tinggi menggunakan kekuatan cahaya tampak (visible light communicationatau VLC). Potensi kecepatan pengiriman data yang dimiliki lifi ini bisa mengubah segala sesuatu mengenai cara penggunaan internet. Sekedar informasi, wifi bekerja pada cahaya mikro. 
ini, ilmuwan telah menguji coba di kantor-kantor dan kawasan industri di Tallinn, Estonia. Sebagai laporan awal, mereka berhasul mencapai transmisi dara pada 1 GB per detik, atau 100 kali lebih cepat dibaningkan rata-rata kecepatan wifi saat ini. Ide lifi berawal dari Pavlos Manousiadis, Graham Turnbyll, dan Ifor Samuel, profesor bidang polimer dan fisika di University of St Andreas. Memiliki ide untuk memenuhi kebutuhan data internet di masa depan.

Mereka menulis artikel di The Conversation mengenai potensi penggunaan gelombang cahaya sebagai salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan data internet. Menurut mereka, bukan tidak mungkin bola lampu akan menjadi sumber 'pemancar' untuk internet. Jika internet sekarang dipancarkan melalui wifi, di masa depan internet bisa disediakan melalui lifi.

Ide itu berawal dari penggunaan tungsten pada bola lampu yang digunakan dalam industri lampu LED. Penggunaan tungsten bisa membuat lampu 30 kali lebih awat. Rupanya, penggunaan tungsten ini tidak terbatas pada penggunaan lampu, tapi juga pada penggunaan wifi, jaringan nirkabel untuk internet. Setelah wifi digunakan bertahun-tahun, mereka memunculkan istilah lifi.

Wifi digunakan dengan spektrum frekuensi radio dan gelombang mikro. Dengan pertumbuhan yang berlipat-lipat dari perangkat mobile kapasitas wifi diprediksi tidak akan mencukupi kebutuhan data. Pada 2019, menurut mereka, akan ada lebih dari 10 miliar perangkat mobile yang digunakan. Mereka akan bertukar data lebih dari 35 quintillo (10 pangkat 18) bita informasi setiap bulan. Hal ini tidak memungkinkan teknologi niknabel yang ada karena kemacetan frekuensi dan gangguan elektromagnetk.

Prinsip komunikasi mendasar adalah bagaimana transfer data  dengan ketersediaan bandwitdh yang ada. Spektrum frekuensi radio ini dirasa tidak cukup lagi melayani kebutuhan data yang ada. Jadi, lifi memiliki potensi untuk menggantikan frekuensi radio dan gelombang mikro wifi. Sebab, frekuensi radio pada spektrum elektromagnetik saat ini sudah sesak.

Kelemahan jaringan LiFi.

LiFi memiliki kelemahan dibanding dengan Wifi, yaitu LiFi membutuhkan direct line of sight (pandangan) langsung ke perangkat tujuan yang dilengkapi receiver khusus, layaknya koneksi infra red.

Kelebihan jaringan LiFi

Adapun kelebihan LiFi adalah mampu membagi atau mengirim data dalam jumlah yang besar. Selain itu kecepatan akses internetnya sangat cepat. Koneksi internet LiFi lebih mudah. Stabil dan downloadnya puas (bagi kaum pendownload film dan lagu).



Update Contact :
No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email : Fajarudinsidik@gmail.com
NB :: Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code, membeli hardware elektronika untuk kepentingan Perusahaan maupun Tugas Akhir (TA/SKRIPSI), Insyaallah Saya siap membantu, untuk Respon Cepat dapat menghubungi kami, melalui :

No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email: Fajarudinsidik@gmail.com


atau Kirimkan Private messanger melalui email dengan klik tombol order dibawah ini :

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين
Alhamdulilah hirobil alamin

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Artikel LiFi Teknologi Nirkabel Penerus WiFi, Diterbitkan oleh scodeaplikasi pada Rabu, 25 November 2015. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Website ini dipost dari beberapa sumber, bisa cek disini sumber, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, karena segala yang dipost di public adalah milik public. Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code ,Dengan Cara menghubungi saya Ke Email: Fajarudinsidik@gmail.com, atau No Hp/WA : (fajar) : 085369237896, (puat) : 085267792168.

Tawk.to