MENGENAL PROGRAM
PENGOLAH
KATA
A. JENIS � JENIS PROGRAM PENGOLAH KATA
B. MENGENAL PROGRAM PENGOLAH KATA
MS. Word 2010 |
Cara memulai Microsoft Word 2010 ada 3 cara, yaitu :
- Menggunakan tombol Start,
- Melalui Microsoft Word shortcut, dan
- Melalui Windows Explorer.
Perangkat lunak pengolah kata (Word Processor) merupakan perangkat lunak komputer yang digunakan untuk membuat atau mengolah dokumen yang berbentuk teks.
Contohnya : surat, makalah, karya tulis, laporan kegiatan, buku, novel, majalah dan lain sebagainya.
Ciri kas program pengolah kata adalah :
1. Memiliki kemampuan pengolahan mulai dari karakter (huruf)
2. Sekumpulan karakter membentuk suatu kata
3. Sekumpulan kata membentuk suatu kalimat
4. Sekumpulan kalimat membentuk suatu paragraf
5. Sekumpulan paragraf membentuk suatu halaman
6. Sekumpulan halaman membentuk sebuah naskah atau dokumen.
Naskah yang dimaksud di atas merupakan data digital yang disebut sebagai berkas (file). Jadi program pengolah kata dapat membuat dan menyunting teks, mengatur paragraf, mengatur halaman, menyisipkan tabel, menyimpan dokumen, mencetak berkas dan lain sebagainya.
Jenis � jenis program pengolah kata antara lain :
1. Microsoft Word
2. Microsoft WordPad
3. Corel WordPerfect
4. OpenOffice Writer
5. WordStart
6. Abi Word
7. Kword, dll
Program pengolah kata membutuhkan perangkat masukan (input), berupa papan ketik (keyboard) dan (mouse)
Sedangkan perangkat keluaran yang di butuhkan yaitu monitor dan pencetak (Printer). Monitor digunakan untuk menlihat tampilan dokumen yang sedang dikerjakan di dalam komputer. Pencetak atau printer digunakan untuk mencetak dokumen di atas kertas.
Berikut ini adalah beberapa kegunaan program pengolah kata.
1. Untuk keperluan surat- menyurat, membuat proposal, dan laporan
2. Membuat karya tulis, skripsi dan lain-lain
3. Membuat buku, novel, buletin, majalah dan lain-lain
4. Membuat grafik dan tabel yang di sisipkan ke dalam dokumen teks
5. Membuat tulisan menarik dengan menggunakan gambar seperti poster dan brosur.
A. MENGENAL PROGRAM PENGOLAH KATA |
Keunggulan dari MS Word adalah :
1. Pengoperasiaannya mudah karena berbasis antarmuka grafis yang sederhana sehingga cepat dipahami.
2. Mudah dalam pengaturan berkas dan memiliki fasilitas autorecovery. Fasilitas ini menjaga agar dokumen tidak hilang ketika komputer mati secar tiba-tiba. (misalnya karena listrik padam).
3. Kemampuannya amat baik untuk membuat beragam jenis dokumen. Hal ini didukung pula dengan fasilitas pencetakan yang bagus.
4. Mempunyai fitur WYSIWYG (What You See Is What You Get). Artinya apa yang dilihat di monitor akan sama dengan hasil cetakan.
5. Mampu menyisipkan gambar, grafik, tabel, simbol, ataupun objek lainnya yang membuat dokumen terlihat lebih menarik.
6. Dapat melakukan pengiriman surat elektronik (e-mail) dan faks secara langsung juka komputer terhubung dengan internet
7. Memiliki kemampuan menyimpan berkas dalam bentuk halaman web
8. Mempunyai integrasi yang baik dengan perangkat lunak yang lain.
Supaya�mempermudah saat belajar mengetik di Word, ada baiknya terlebih dulu kita mengenal bagian-bagian dari layar/jendela pada program Microsoft Word, yaitu sebagai berikut:
� Title Bar (Baris judul) : berada di bagian paling atas jendela Microsoft Word, berisi nama file yang sedang dibuka, icon MS. Word, Tombol Save, Undo, Repeat, Tombol Panah Bawah (berfungsi sebagai tombol untuk pengaturan toolbar), dan dibagian pojok kanan berupa tombol minimize, restore down dan close.
� Menu Bar (Baris menu) : berada di bawah Title Bar, yaitu keterangan yang memuat daftar menu berlink aktif yang jika kita pilih dan klik salah satu menu maka akan
tampil tool bar dari menu tersebut. Pada menu bar ini berisi delapan menu yaitu File, Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Reviews, dan Views. Tambahan lagi terdapat 2 tombol pada bagian pojok kanan, yaitu tombol Minimize The Ribbon dan tombol Help.
tampil tool bar dari menu tersebut. Pada menu bar ini berisi delapan menu yaitu File, Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Reviews, dan Views. Tambahan lagi terdapat 2 tombol pada bagian pojok kanan, yaitu tombol Minimize The Ribbon dan tombol Help.
� Tool Bar / Baris Tool (Ribbon): berada di bagian bawah menu bar. Tool Bar ini berupa gambar kecil/ ikon yang mewakili perintah tertentu dari fungsi menu terkait. Tampilan toolbar dapat di sembunyikan dari layar. Misalnya ribbon pada tab Home teridiri atas grup Clipboard, Font, Paragraph, Styles dan Editing.
� Ruler Line (mistar) : Terdiri dari ruler vertikal dan horizontal, salah satu fungsinya untuk mengatur tabulasi dan margin.
� Scroll Bar (batang penggulung layar) : Ada 2 Scroll Bar yaitu pada posisi vertikal di bagian kanan layar, dan pada posisi horizontal di bagian bawah layar. Scroll bar horizontal muncul jika lebar lembar kerja melebihi lebar monitor. Scroll Bar berupa tombol yang dapat digerakkan, fungsinya untuk menggerakkan keseluruhan lembar kerja atau menggeset tampilan yang muncul di layar monitor
� Status Bar (baris status) : Sesuai namanya merupakan baris status yang memberi informasi /keterangan tentang dokumen yang sedang terbuka pada lembar kerja. Terdiri dari keterangan tentang halaman, jumlah kata, tombol cek bahasa, 5 tombol view document , dan tombol zoom level. Pada bagian (Page: .. of ..) memiliki keterangan tentang halaman yang sedang dipilih dari total halaman keseluruhan, contoh Page 1 of 10 � dibaca: halaman 1 terpilih dari halaman 10.
� Work Area : Lembar Kerja, pada bagian inilah kita mengetik.
Untuk lebih jelas dimana posisi bagian-bagian tersebut, perhatikan gambar dibawah ini:
MENGENAL KOTAK DIALOG MS WORD 2010 |
Dalam program MS Word 2010 beberapa pengaturan dokumen dilakukan melalui kotak dialog. Contohnya adalah : pengaturan huruf (font), paragraf, pemeriksaan ejaan dan pengaturan halaman. Setiap kotak dialog mempunyai beberapa elemen. contoh kotak dialog font
a. Nama kotak dialog menampilkan nama kotak dialog sesuai dengan perintah yang dijalankan
b. Tab, menampilkan pilihan-pilihan kelompok perintah dalam kotak dialog
c. Tombol close, untuk menutup kotak dialog
d. Tombol help untuk menampilkan keterangan dari elemen-elemen dalam kotak dialog
e. Kotak isian, digunakan untuk menuliskan angka atau pilihan lain sesuai dengan keinginan
f. Kotak daftar pilihan, menampilkan beberapa pilihan perintah yang ditampilkan dalam bentuk daftar.
g. Tombol daftar pilihan (drop down) digunakan untuk menampilkan daftar pilihan perintah dengan cara klik tanda panah.
h. Kotak cek, digunakan untuk memilih perintah yang tersedia pada kotak dialog
i. Tombol perintah digunakan untuk membuka perintah lain, menjalankan perintah atau membatalkan operasi
MENGAKHIRI PROGRAM MS WORD
Langkah � langkah mengakhiri program MS Word 2010
1. Pilih klik menu file > exit
2. Klik tombol close yang berada di di ujung kanan
atas jendela program
3. Tekan tombol Alt + F4
BAB 2 |
Tab pada aplikasi Microsoft Word 2010, terdiri atas :
1. Tab File(Save, Save As, Open, Close, Info, Recent, New, Print, Save & Send, Help, dan Exit),
2. Tab Home(Format Painter, Clear Formatting, Font, Paragraph, Bullets, Numbering, dan Border and Shading),
3. Tab Insert(Chat, SmartArt, ScreenShot, Cover Page, Page Number, ClipArt, Equation, Hyperlink, dan Table),
4. Tab Page Layout(Size, Columns, Margin, Line Numbers, dan Page Borders),
5. Tab References(Insert Footnote dan Table of Contents),
6. Tab Mailings(Envelopes, Start Mail Merge, dan Labels),
7. Tab Review(Word Count dan Spelling and Grammar), dan
8. Tab View(Print Layout, Full Screen Reading, Web Layout, Outline, Ruler, dan Zoom).
MENU & IKON PROGRAM PENGOLAH KATA UNTUK MEMBUAT DOKUMEN |
1. MENU DAN IKON UNTUK MEMBUAT DOKUMEN
a) Membuat dokumen baru
b) Mengenal kusor dan titik sisiP
�Memindahkan titk sisip dengan papan ketik
�Memindahkan titk sisip dengan tetikus
�Memindahkan titk sisip dengan perintah Go To
c) Mengatur halaman dokumen
Jenis dokumen mempunyai aturan- aturan baku yang perlu di ketahui misalnya : dokumen surat-surat resmi menggunakan ukuran kertas A4 atau letters. Selain itu jenis dokumen juga mempunyai syarat dalam menggunakan margin untuk mengatur batas area teks di setiap halaman.
v Pengaturan halaman dokumen mencakup : ukuran kertas, Margin halaman dan Orientasi kertas.
v Satuan panjang yang digunakan untuk mengukur kertas dan panjang margin terdiri dari :
a. Inches
b. Centimeters
c. Milimeters
d. Points
e. Picas
v Langkah � langkah untuk mengatur satuan panjang dg menggunakan MSWord 2010 :
a. Klik tab File Options Advanced Display
b. Pada kotak pilihan Show measurement in unit of pilih satuan ukuran yang ingin digunakan misalnya milimeters
c. Lalu klik Ok
v Latihan
Jika Anda melihat pada buku-buku cetakan ternama, biasanya penomeran pada bagian pendahuluan berbeda dengan penomeran pada bagian isi. Pada penomeran bagian pendahuluan biasanya dengan symbol i, ii, iii, iv, v dan seterusnya, sedangkan pada bagian isi biasanya dengan angka 1, 2, 3, 4, 5 dan seterusnya
Kalau Anda masih belum tau trik untuk membuatnya maka akan membuat pekerjaan Anda semakin lama dan susah untuk diselesaikan. Oleh karenanya marilah kita bahas sama-sama.
1. Untuk yang pertama kita akan membuat page number pada bagian pendahuluan, caranya klik tab Insert > Page Number (jika Anda menggunakan Ms. Word 2010.
Kalau Anda masih belum tau trik untuk membuatnya maka akan membuat pekerjaan Anda semakin lama dan susah untuk diselesaikan. Oleh karenanya marilah kita bahas sama-sama.
1. Untuk yang pertama kita akan membuat page number pada bagian pendahuluan, caranya klik tab Insert > Page Number (jika Anda menggunakan Ms. Word 2010.
2. Pilihlah penomeran seperti gambar di bawah ini.
3. Tekan Enter sampai 3 halaman (maka penomeran secara otomatis akan sampai pada angka 3). Biarkan cursor (yang berkelap-kelip) berada pada halaman 3, lalu masuk ke step 4.
4. Untuk selanjutnya kita akan memotong bagian halaman. Caranya klik tab Page Layout > Breaks > Next Page.
5. Maka kita sudah membagi menjadi 2 section. Perhatikan Footer pada halaman i dan iii sudah terlihat berbeda. Penjelasan: Ketika Anda melakukan step ke 4 berarti Anda sudah melakukan pemotongan bagian. Dengan begitu Anda bisa memodifikasi penomeran pada bagian yang berbeda.
(Pada halaman i masih termasuk "Section 1")
(Sedangkan pada halaman iii sudah berubah menjadi "Section 2")
6. Untuk selanjutnya klik kanan pada angka iii > Format Page Numbers.
7. Ganti Number format menjadi 1,2,3 dan pada Page numbering ganti Start at menjadi 1. Lalu klik OK.
d) Mengetik teks dokumen
e) Menyimpan dokumen
2. MENU DAN IKON UNTUK MENGEDIT DOKUMEN
3. MENU DAN IKON UNTUK MENGATUR TAMPILAN DOKUMEN
4. MENU DAN IKON UNTUK MEMERIKSA DAN MENCETAK DOKUMEN
| ||
| | |
| | |
| | |
| | |
Update Contact :
No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email : Fajarudinsidik@gmail.com
No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email: Fajarudinsidik@gmail.com
atau Kirimkan Private messanger melalui email dengan klik tombol order dibawah ini :