Sahabat blogger yang baik, seperti artikel yang sudah terposting sebelumnya tentang penggunaan rumus penjumalahan pada miscrosoft office excel, sekarang saya posting lagi bagaimana cara penggunaan fungsi logika yang menggunakan perintah IF. Adapun langkah-langkahnya silahkan di simak dengan baik :
- Buka aplikasi microsoft office excelnya.
- Buat sebuah tabel, seperti yang saya contohkan disini yaitu tentang data nilai. Jadi field yang di masukkan yaitu (No,Nama,Nilai Angka dan Nilai Huruf). Perhatikan gambar di bawah ini :
- Tempatkan kursor dimana akan disimpan hasil dari operasi tersebut, jadi di sini kita simpan di kolom di bawahnya kolom Huruf.
- Ketikkan rumus ini : =IF(C3>=85;"A";IF(C3>=75;"B";IF(C3>=65;"C";IF(C3>=55;"D";"E")))
- Untuk lebih jelasnya agar lebih dapat dipahami, saya coba jelaskan maksud dari rumus tersebut yaitu : Jika kolom C baris ke 3 nilainya lebih besar atau sama dengan 85 maka hasilnya A , jika kolom C baris ke 3 nilainya lebih besar atau sama dengan 75 maka hasilnya B, jika kolom C baris ke 3 nilainya lebih besar atau sama dengan 55 maka hasilnya D, selain dari kondisi tadi maka hasilnya E.
- Jika sudah selesai di ketik rumusnya lalu tekan enter maka akan muncul hasilnya.
- Jika sudah muncul hasilnya maka copy rumus tersebut dengan cara bawah kursor di pojok kanan bawah sell sampai muncul kursor tambah tipis hitam kemudian tekan tombol kiri lalu tarik secara bersamaan sampai ke sell yang di inginkan. lihat gambar di bawah ini :
Sekian dulu tutorial cara menggunakan rumus IF pada microsoft office excel, semoga bermanfaat bagi pembaca yang baik dan bisa di aplikasikan.
Update Contact :
No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email : Fajarudinsidik@gmail.com
No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email: Fajarudinsidik@gmail.com
atau Kirimkan Private messanger melalui email dengan klik tombol order dibawah ini :