.:: Jasa Membuat Aplikasi Website,Desktop,Android Order Now..!! | | Order Now..!! Jasa Membuat Project Arduino,Robotic,Print 3D ::.

Memahami computer Network atau jaringan komputer : part 3 - Mengapa harus Bersusah Payah dalam membangun jaringan komputer?

0 komentar


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
bismillaahirrahmaanirrahiim

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sebenarnya, mengkonfigurasi suatu jaringan komputer itu merepotkan. Jadi, untuk apa kita bersusah payah untuk mengkonfigurasi jaringan komputer ? Karena manfaat dari adanya suatu jarinagn komputer membuat kesulitan dalam mengkonfigurasinya terbayar sudah. Jadi sepadan. kamu tak harus menjadi orang bertitel Ph.d unruk memahami manfaat dari jaringan. Nyatanya, kamu sudah mempelajari semua manfaat dari jaringan komputer sejak masih TK(taman kanak-kanak). Jaringan adalah segala hal mengenai sharing/membagi. Secara spesifik, jaringan men-share tiga hal yaitu : informasi, sumber, dan aplikasi.

  • Membagi informasi : jaringan memperbolehkan user untuk men-share informasi dengan berbagai cara yang berbeda. Cara yang paling umum dalam men-share informsi adalah dengan men-share file. Contohnya, dua atau lebih orang dapat mengerjakan sebuah file excel bersama-sama atau dokumen seperti doc bersama-sama. Pada sebagian besar dari jaringan,  sebuah hard drive berukuran besar pada pusat komputer server diatur sebagai area penyimpanan bersama dimana user dan menyimpan file untuk di-share dengan user lainnya.

Selain berbagi file, jaringan memungkinkan user untuk berkomunikasi dengan satu sama lain dalam berbagai cara. Contohnya, aplikasi chatting memperkenankan user untuk bertukar pesan satu sama lain menggunkan aplikasi email seperti Microsoft Outlook. User juga dapat mengdakan ertemun secara online. Bahkan dengan harga video kamera dan software yang murah, user dapat mengadakan videoconference melalui jaringan.

  • Membagi sumber : Beberapa sumber komputer, seperti printer atau hard drive, dapat di-setting sehingga user yang berada pada jaringan dapat membaginya. Membagi sumber-sumber ini dapat menghemat biaya pengeluaran. Contohnya. pengeluaran akn semakin hemat jika kita membeli sebuah printer dengan fitur-fitur canggih seperti penyusunan, perekatan, dan percetakan dua arah yang dapat di-share keseluruh kelompok dalam jaringan daripada membeli printer setiap kelompok pada jaringan.

Hard drive juga dapat membagi sumber. Nyatanya,  melayani user dengan pengaksesan ke shared hard drive (hard drive yang digunakan bersama-sama) merupakan cara yang umum digunakan dalam men-share file-file di jaringan. Sebuah komputer yang tujuan utamanya untuk menyediakan shared hard drive dinamakan file server.

Prakteknya, keseluruhan hard drive biasanya tidak di-share. Melainkan, folder-folder terpilih di jaringan yang akan di-share. Dengan cara ini, seoarang administrator jaringan dapat mengatur user mana untuk mengakses folder yang berbeda atau sesuai haknya. Sebagai contohnya, sebuah perusahaan membuat 2 shared folder yang pertama buat departemen sales dan yang lain untuk departemen manager. Kemudian, seorang sales dapat mengakses folder sales tapi tidak bisa mengkases folder buat manager.

Kamu bisa men-share sumber lainya di dalam jaringan. Contohnya, sebuah network yang dapat digunakan untuk men-share koneksi internet. Dulunya kalau di luar negeri, tiap orang yang mau terkoneksi dengan dengan internet harus mempunyai modem. Namun sekarang disana, sangat sering dijumpai jaringan yang menyediakan sumber koneksi internet dengan kecepatan tingggi yang bisa digunaka oleh semua orang. Kalau di indonesia , kebanyakan dari kita masih ada yang menggunakan modem. Namun sudah banyak orang yang menyediakan jasa ini. di berbagai tempat di Indonesia.

  • Membagi Aplikasi : salah satu alasan yang umum suatu jaringan digunakan pada bisnis adalah supaya beberapa user dapat bekerja bersama pada aplikasi tunggal. Sebagai contohnya, suatu departemen akutansi tentu mempunyai software aplikasi dan digunakan oleh beberapa komputer sekaligus. Atau pada departemen sales mempunyai aplikasi pemasukkan order barang yang digunakan oleh beberapa komputer secara bersamaan untuk mengatasi kiriman order atau pemesanan dalam jumlah besar

 

Penulis

Ilham A.H


Update Contact :
No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email : Fajarudinsidik@gmail.com
NB :: Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code, membeli hardware elektronika untuk kepentingan Perusahaan maupun Tugas Akhir (TA/SKRIPSI), Insyaallah Saya siap membantu, untuk Respon Cepat dapat menghubungi kami, melalui :

No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email: Fajarudinsidik@gmail.com


atau Kirimkan Private messanger melalui email dengan klik tombol order dibawah ini :

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين
Alhamdulilah hirobil alamin

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Artikel Memahami computer Network atau jaringan komputer : part 3 - Mengapa harus Bersusah Payah dalam membangun jaringan komputer?, Diterbitkan oleh scodeaplikasi pada Senin, 13 Juli 2015. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Website ini dipost dari beberapa sumber, bisa cek disini sumber, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, karena segala yang dipost di public adalah milik public. Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code ,Dengan Cara menghubungi saya Ke Email: Fajarudinsidik@gmail.com, atau No Hp/WA : (fajar) : 085369237896, (puat) : 085267792168.

Tawk.to