Tutorial pemrograman java kali ini akan membahas cara membuat program segitiga bintang.
Seperti yang kita ketahui dengan bantuan looping, kita dapat membuat segitiga siku-siku yang menghadap ke kiri, segitiga siku-siku yang menghadap ke kanan serta segitiga sama kaki dan segitiga sama sisi.
Untuk implementansi dalam kasus sehari-hari hampir dipastikan tidak pernah digunakan pembuatan segitiga bintang. Namun teknik pembuatan segitiga bintang ini sangat baik dalam melatih logika berpikir kita dalam programming.
Seperti yang kita ketahui dengan bantuan looping, kita dapat membuat segitiga siku-siku yang menghadap ke kiri, segitiga siku-siku yang menghadap ke kanan serta segitiga sama kaki dan segitiga sama sisi.
Program Java Segitiga Siku-siku menghadap ke kanan
Pada program ini, inputan untuk nilai x ditentukan oleh user ketika program dijalankan (runtime). Untuk dapat menampung inputan ketika program dijalankan, kita menggunakan bantuan class Scanner. Setelah dilakukan proses instansiasi terhadap class Scanner, baru kita dapat menggunakan fungsi nextInt() untuk menangkap nilai Integer (inputan nilai x).
import java.util.Scanner;
public class Segitiga_Siku1 {
public static void main(String [] args){
Scanner scan = new Scanner(System.in);
int x;
boolean menu =true;
while(menu)
{
System.out.print("Masukkan nilai x =");
x = scan.nextInt();
System.out.println("\nCetak Segitiga Siku-siku");
System.out.println("==========================");
for (int i=1;i<=x;i++){
for(int j=1;j<=i;j++){
System.out.print("*");
}
System.out.println();
}
System.out.print("\nIngin Mencoba lagi (Y/N) ?:");
String cek = scan.next();
if(cek.equalsIgnoreCase("N"))
{
menu = false;
}
else if(cek.equalsIgnoreCase("Y"))
{
menu = true;
}
else
System.exit(0);
}
}
}
Outpunya ditunjukkan oleh Gambar.1 dibawah ini :Gambar.1 |
Program Java Segitiga Siku-siku menghadap ke kiri
Jika program diatas membuat segitiga bintang siku-siku menghadap ke arah kanan, maka program java dibawah ini untuk membuat segitiga bintang siku-siku menghadap ke kiri.import java.util.Scanner;
public class Segitiga_Siku2 {
public static void main(String [] args){
Scanner scan = new Scanner(System.in);
int x;
boolean menu =true;
while(menu)
{
System.out.print("Masukkan nilai x =");
x = scan.nextInt();
System.out.println("\nCetak Segitiga Siku-siku");
System.out.println("==========================");
for (int i=1;i<=x;i++)
{
//Membuat spasi
for(int j=x-1;j>=i;j--)
{
System.out.print(" ");
}
//Membuat bintang
for(int k=1;k<=i;k++)
{
System.out.print("*");
}
System.out.println();
}
System.out.print("\nIngin Mencoba lagi (Y/N) ?:");
String cek = scan.next();
if(cek.equalsIgnoreCase("N"))
{
menu = false;
}
else if(cek.equalsIgnoreCase("Y"))
{
menu = true;
}
else
System.exit(0);
}
}
}
Outpunya ditunjukkan oleh Gambar.2 dibawah ini :Gambar.2 |
Program Java Segitiga Bintang Sama Kaki
Seperti yang kita ketahui segitiga sama kaki adalah segitiga yang memiliki panjang kaki kiri sama dengan kaki kanan. Berikut ini adalah kode program javanya :import java.util.Scanner;
public class Segitiga_SamaKaki {
public static void main(String [] args){
Scanner scan = new Scanner(System.in);
int x;
boolean menu =true;
while(menu)
{
System.out.print("Masukkan nilai x =");
x = scan.nextInt();
System.out.println("\nCetak Segitiga Siku-siku");
System.out.println("==========================");
for (int i=1;i<=x;i++)
{
//Membuat spasi
for(int j=x-1;j>=i;j--)
{
System.out.print(" ");
}
//Membuat bintang
for(int k=1;k<=i;k++)
{
System.out.print("*");
}
for (int l=1;l<=i-1;l++)
{
System.out.print("*");
}
System.out.println();
}
System.out.print("\nIngin Mencoba lagi (Y/N) ?:");
String cek = scan.next();
if(cek.equalsIgnoreCase("N"))
{
menu = false;
}
else if(cek.equalsIgnoreCase("Y"))
{
menu = true;
}
else
System.exit(0);
}
}
}
Outputnya ditunjukkan oleh Gambar.3 dibawah ini :Gambar.3 |
Program Java Segitiga Bintang Sama Sisi
Segitiga samasisi merupakan segitiga yang ketiga kakinya memiliki ukuran panjang yang sama. Dalam program java dibawah ini panjang kakinya ditunjukkan oleh banyaknya bintang.
import java.util.Scanner;
public class Segitiga_SamaSisi {
public static void main(String [] args){
Scanner scan = new Scanner(System.in);
int x;
boolean menu =true;
while(menu)
{
System.out.print("Masukkan nilai x =");
x = scan.nextInt();
System.out.println("\nCetak Segitiga Siku-siku");
System.out.println("==========================");
for(int i=1; i<=x; i++)
{
for(int j=x; j>i; j--)
{
System.out.print(" ");
}
for(int k=1; k<=i; k++)
{
System.out.print("* ");
}
System.out.println();
}
System.out.print("\nIngin Mencoba lagi (Y/N) ?:");
String cek = scan.next();
if(cek.equalsIgnoreCase("N"))
{
menu = false;
}
else if(cek.equalsIgnoreCase("Y"))
{
menu = true;
}
else
System.exit(0);
}
}
}
Outpunya ditunjukkan oleh Gambar.4 dibawah ini :Gambar.4 |
Untuk implementansi dalam kasus sehari-hari hampir dipastikan tidak pernah digunakan pembuatan segitiga bintang. Namun teknik pembuatan segitiga bintang ini sangat baik dalam melatih logika berpikir kita dalam programming.
Update Contact :
No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email : Fajarudinsidik@gmail.com
No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email: Fajarudinsidik@gmail.com
atau Kirimkan Private messanger melalui email dengan klik tombol order dibawah ini :