.:: Jasa Membuat Aplikasi Website,Desktop,Android Order Now..!! | | Order Now..!! Jasa Membuat Project Arduino,Robotic,Print 3D ::.

Cara penggunaan rumus VLOOKUP di Microsoft Excel

0 komentar


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
bismillaahirrahmaanirrahiim

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Microsoft office Excel merupakan software suite yang artinya software yang di kemas menjadi satu aplikasi yaitu aplikasi Microsoft office. Micorosoft excel menyediakan kemudahan dalam menyelesaikan pekerjaan diantaranya dapat melakukan perhitungan angka serta dapat memasukkan rumus atau formula sehingga memudahkan dalam pengolahan data yang berbentuk angka, seperti pada artikel sebelumnya sudah di bahas cara menggunakan rumus penjumlahan, penggunaan rumus menggunakan IF, pada artikel ini akan di bahas cara penggunaan rumus VLOOKUP. Bagi anda yang ingin mengetahui cara penggunaan rumus VLOOKUP anda simak langkah-langkah berikut ini :
  1. Buka jendela Microsoft office excel lalu buat dua buah table yang lengkap dengan fieldnya, satu table sebagai referensi penilaian pada table yang akan membaca nilai tersebut. Untuk lebih jelasnya bisa di perhatikan gambar berikut ini.
  2. Langkah selanjutnya pada table sebelah kanan tepatnya pada kolom G di bawah keterangan tempatkan kursor anda lalu ketik rumus awal yaitu =VLOOKUP(F2, setelah anda beri tanda pemisah yaitu (,) lalu blok table yang ada pada sebelah kiri yang di jadikan sebagai rujukan untuk di baca pada table sebelah kanan. JIka anda sudah membloknya maka rumus akan berubah seperti ini =VLOOKUP(F2,A1:B5 selanjutnya blok rumus A1:B5 lalu tekan tombol F4 maka rumus berubah menjadi seperti ini =VLOOKUP(F2,$A$1:$B$5 setelah anda menekan tombol F4 langkah selanjutnya berikan tanda pemisah seperti sebelumnya yaitu tanda (,) jika tidak sesuai maka ganti menjadi (;). Setelah anda berikan tanda pemisah selanjutnya ketikkan angka 2 sehingga rumus berubah menjadi seperti ini =VLOOKUP(F2,$A$1:$B$5,2 yang menunjukkan hasil yang akan di tampilkan berada pada kolom ke 2. Setelah anda sudah membuat rumus seperti di atas langkah selanjutnya anda tekan enter maka rumus berubah menjadi seperti ini =VLOOKUP(F2,$A$1:$B$5,2).
  3. Langkah selanjutnya isi nilai kolom kehadiran berdasarkan nilai yang ada pada table sebelah kiri yaitu antara nila 1-4 lalu perhatikan hasilnya pada kolom keterangan, secara otomatis akan berubah sesuai dengan table rujukan pada table yang di jadikan sebagai referensi. Untuk melihat hasilnya kurang lebih seperti gambar di bawah ini.
  4. Selesai.


Itulah gambaran tentang penggunaan rumus VLOOKUP pada microsoft office Excel, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Update Contact :
No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email : Fajarudinsidik@gmail.com
NB :: Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code, membeli hardware elektronika untuk kepentingan Perusahaan maupun Tugas Akhir (TA/SKRIPSI), Insyaallah Saya siap membantu, untuk Respon Cepat dapat menghubungi kami, melalui :

No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email: Fajarudinsidik@gmail.com


atau Kirimkan Private messanger melalui email dengan klik tombol order dibawah ini :

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين
Alhamdulilah hirobil alamin

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Artikel Cara penggunaan rumus VLOOKUP di Microsoft Excel, Diterbitkan oleh scodeaplikasi pada Sabtu, 25 Januari 2014. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Website ini dipost dari beberapa sumber, bisa cek disini sumber, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, karena segala yang dipost di public adalah milik public. Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code ,Dengan Cara menghubungi saya Ke Email: Fajarudinsidik@gmail.com, atau No Hp/WA : (fajar) : 085369237896, (puat) : 085267792168.

Tawk.to