.:: Jasa Membuat Aplikasi Website,Desktop,Android Order Now..!! | | Order Now..!! Jasa Membuat Project Arduino,Robotic,Print 3D ::.

Memunculkan pesan Yes dan No di visual basic 6.0

0 komentar


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
bismillaahirrahmaanirrahiim

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Membuat messagebox dalam merancang program merupakan hal yang sangat penting untuk memberikan informasi tentang hal-hal yang harus di lakukan oleh pengguna computer untuk mengikuti intruksi yang sudah di atur oleh seorang programmer atau yang membuat perangkat lunak tersebut. Dengan adanya messagebox maka pengguna atau user dapat terhindari dari terjadinya kesalahan yang bisa berakibat patal. Contonya jika seorang user menyeleksi salah satu data tanpa di sengaja tiba-tiba menekan tombol hapus, yang menjadi permasalahan jika seandainya tidak di sediakan messagebox maka data tersebut akan langsung terhapus. Akan tetapi dengan adanya messagebox maka pengguna program akan di ajak berdialog apakah akan melanjutkan untuk menghapus atau membatalkan perintah tersebut. Semoga dari contoh sederhana tersebut anda bisa memahaminya.
Baiklah pada artikel ini akan di bahas mengenai bagaimana membuat messagebox  di Microsoft Visual Basic 6.0. Untuk yang baru membaca artikel ini mungkin anda bertanya apa yang di maksud dengan Visual Basic 6.0. Visual Basic merupakan aplikasi untuk membuat atau merancang program yang di produksi oleh perusahaan Microsoft. Dari pada lama-lama, baiklah kita langsung saja mengarah pada langkah-langkahnya. Simak langkah-langkah berikut ini :
  1.  Buka program visual basic 6.0 anda
  2. Setelah anda buka maka pada tampilan awal akan beberapa pilihan yang muncul, yang harus anda lakukan adalah memilih atau mengklik Standar Exe.
  3. Setelah muncul jendela Form  maka ambillah objek Command Button pada toolbox untuk membuat sebuah tombol pada form yang nantinya pada saat kita klik maka langsung muncul pesannya atau messageboxnya. 
  4. Setelah anda meletakkan pada form langkah selanjutnya anda ganti Caption pada propertiesnya menjadi Keluar atau tergantung anda mau ganti Pesan dan sebagainya. Karena itu hanya sekedar keterangan yang menunjukkan bahwa tombol tersebut adalah tombol keluar.
  5. Langkah selanjutnya anda double klik pada objek Commandbutton tersebut lalu Copy dan Paste listing berikut ini diantara  : Private Sub Command1_Click() dan End Sub.
  6. Penjelsan dari listing program tersebut  : Pada baris perintah Dim a As String di gunakan untuk mendeklarasikan variabel a sedangkan As String untuk mendeklarasikan tipa data variabel a. Pada baris a=Msgbox dan seterusnya itulah yang akan muncul pada saat tombol di klik. Pada baris ketiga yaitu if a=vbyes pada Then. maksudnya jika tindakan yang di pilih adalah tombol yes pada saat muncul pesan maka baris ke empat akan di eksekusi yaitu Unload Me perintah untuk keluar, selain Unload Me bisa juga anda gunakan perintah END. Sedangkan pada baris End if fungsinya untuk menutup perintah If Then.
  7. Langkah selanjutnya anda jalankan atau running program tersebut dengan cara klik tombol running yang berbentuk segitiga pada menu toolbar atau bisa juga langsung menekan tombol F5.
  8. Klik tombol Keluar tadi yang anda desain dan lihat hasilnya.
  9. Pada listing tadi bisa anda ganti sesuai selera anda pesan apa yang akan di munculkan pada saat di jalankan programnnya.
  10. Selesai.

Update Contact :
No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email : Fajarudinsidik@gmail.com
NB :: Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code, membeli hardware elektronika untuk kepentingan Perusahaan maupun Tugas Akhir (TA/SKRIPSI), Insyaallah Saya siap membantu, untuk Respon Cepat dapat menghubungi kami, melalui :

No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email: Fajarudinsidik@gmail.com


atau Kirimkan Private messanger melalui email dengan klik tombol order dibawah ini :

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين
Alhamdulilah hirobil alamin

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Artikel Memunculkan pesan Yes dan No di visual basic 6.0, Diterbitkan oleh scodeaplikasi pada Jumat, 17 Januari 2014. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Website ini dipost dari beberapa sumber, bisa cek disini sumber, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, karena segala yang dipost di public adalah milik public. Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code ,Dengan Cara menghubungi saya Ke Email: Fajarudinsidik@gmail.com, atau No Hp/WA : (fajar) : 085369237896, (puat) : 085267792168.

Tawk.to