.:: Jasa Membuat Aplikasi Website,Desktop,Android Order Now..!! | | Order Now..!! Jasa Membuat Project Arduino,Robotic,Print 3D ::.

Cara memasang form penginputan data pada halaman blog

0 komentar


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
bismillaahirrahmaanirrahiim

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Form digunakan untuk merepresentasikan ke user atau menerima inputan dari user data-data dalam tabel dalam bentuk interface, tombol dan lain-lain. Form sangat diperlukan apabila kita hendak menyimpan data dalam sebuah database dengan tujuan untuk mempermudah penginputan datanya. Dalam kasus misalkan anda menginginkan pendaftaran melalui online maka anda harus membuat atau mendesain sebuah form yang memungkinkan pengunjung untuk melakukan penginputan lewat online. Namun untuk mendesain secara manual maka itu akan membutuhkan waktu yang lama, apalagi kita baru mempelajari yang namanya bahasa pemrograman web. Pada kesempatan ini penulis akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat/mendesain sebuah form tanpa mengetahui tekhnik khusu atau tanpa menguasai bahasa pemrograman web. Untuk itu simak langkah-langkah berikut ini :

  1. Langkah pertama anda harus login di akun blogger atau akun Gmail anda.
  2. Setelah anda berhasil login, anda klik kotak-kotak kecil yang ada pada pojok kanan.
  3. Langkah selanjutnya anda pilih menu Drive atau anda klik link ini, sehingga muncul jendela google drive.
  4. Langkah selanjutnya anda klik tombol Create, setelah anda klik menu form maka akan tampil kotak dialog Choose title and theme dan anda harus mengisi judul misalkan form register serta pilih salah satu thema yang anda inginkan lalu klik tombol OK. 
  5. Langkah selanjutnya anda desain form sesuai dengan kebutuhan anda serta menambahkan objek dengan mengklik tombol Add item dan pilih salah satu jenis objek yang anda butuhkan. Jika sudah selesai maka anda klik tombol Done lalu menambahkan lagi objek dengan cara mengklik tombol Add Item. 
  6. Setelah anda sudah selesai mendesain form sesuai dengan selera anda, langkah selanjutnya anda klik tombol Send Form selanjutnya akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini : 
  7. Selanjutnya anda klik tombol Embed maka akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini : 
  8. Selanjutnya anda copy script frame tersebut dan paste di halaman postingan blog anda dengan cara membuat entri baru lalu ganti tab compose menjadi tab HTML. Setelah anda tempelkan script tersebut selanjutnya anda simpan dan publikasikan serta lihat hasilnya di halaman bloga anda. 
  9. Untuk pembuatan form sudah selesai, jika anda akan melihat hasil penginputan data yang sudah anda input melalui form yang anda tampilkan di halaman blog anda, caranya anda masuk kembali di akun google drive anda seperti langkah sebelumnya, lalu pada halaman tersebut anda pilih nama design form yang anda sudah buat sehingga muncul form untuk pengeditan tersebut. Akan tetapi pada langkah ini kita tidak akan merubah design form tetapi kita akan menampilkan hasil dari proses entri data atau penginputan data yang di input lewat form pada halaman blog. 
  10. Setelah halaman form anda sudah terbuka maka anda klik menu View Responses sehingga muncul table yang berisikan daftar entri data yang sudah anda input melalui form yang ada pada halaman blog anda. 
  11. Untuk mencetak data tersebut anda tinggal klik icon print yang ada  dibawah menu file. Jika icon print tersebut tidak muncul anda bisa klik menu file lalu muncul menu drop down anda klik menu print. Setelah anda klik menu print maka akan terjadi proses download yang berbentuk file PDF. Pada file pdf tersebutlah anda melakukan proses pencetakan untuk di cetak dalam sebuah kertas.
  12. Selesai cara pembuatan form serta menampilkan hasil proses penginputan datanya. 

Update Contact :
No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email : Fajarudinsidik@gmail.com
NB :: Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code, membeli hardware elektronika untuk kepentingan Perusahaan maupun Tugas Akhir (TA/SKRIPSI), Insyaallah Saya siap membantu, untuk Respon Cepat dapat menghubungi kami, melalui :

No Wa/Telepon (puat) : 085267792168
No Wa/Telepon (fajar) : 085369237896
Email: Fajarudinsidik@gmail.com


atau Kirimkan Private messanger melalui email dengan klik tombol order dibawah ini :

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين
Alhamdulilah hirobil alamin

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Artikel Cara memasang form penginputan data pada halaman blog, Diterbitkan oleh scodeaplikasi pada Jumat, 02 Mei 2014. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Website ini dipost dari beberapa sumber, bisa cek disini sumber, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, karena segala yang dipost di public adalah milik public. Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code ,Dengan Cara menghubungi saya Ke Email: Fajarudinsidik@gmail.com, atau No Hp/WA : (fajar) : 085369237896, (puat) : 085267792168.

Tawk.to